Lomba panjat pinang yang biasa digelar pada peringatan HUT RI.(foto istimewa)

PADANG (perepat.com)-Menyemarakkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia (RI) yang jatuh pada 17 Agustus 2021 mendatang, Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat (Sumbar) melarang masyarakat menggelar kegiatan lomba sempena peringatan HUT RI.

Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Masyarakat (Humas) Polda Sumbar,  Kombes Stefanus Satake Bayu Setianto menyebutkan, kegiatan lomba hingga hiburan dinilai berpotensi menimbulkan kerumunan. Larangan itu bertujuan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19.

“Kegiatan-kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan orang banyak kita larang. Situasi masih pandemi. Ini upaya kita bersama menekan angka penyebaran Covid-19,” ujar Stefanus melansir dari Kompas.com, Senin (2/8/2021).

Stefanus mengatakan, kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan itu seperti perlombaan dan acara hiburan musik organ tunggal.

“Sebagai gantinya, warga diimbau menaikkan bendera Merah Putih dari 1 Agustus hingga 30 hari ke depan,” ungkap Stefanus.

Sementara itu, Gubernur Sumbar, Buya  Mahyeldi Ansharullah membuat surat edaran yang ditujukan kepada seluruh unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, bupati dan wali kota di Sumbar tentang pedoman peringatan HUT ke-76 RI.

Dalam surat itu tertanggal 30 Juni 2021 itu, Gubernur mengajak semua pemerintah daerah, instansi pemerintah dan swasta, tokoh masyarakat, ninik mamak dan alim ulama serta seluruh masyarakat untuk berpartisipasi memasang bendera Merah Putih, umbul-umbul, serta baliho selama satu bulan penuh.

Selain itu, meminta masyarakat untuk menghentikan aktivitas selama 3 menit pada 17 Agustus 2021, mulai pukul 10.17 – 10.20 WIB, untuk mendengarkan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang akan diputar melalui pengeras suara.

“Mari kita ambil momentum ini untuk menambah semangat juang seluruh masyarakat dalam menghadapi pandemi Covid-19. Insya Allah, momen ulang tahun kemerdekaan ini bisa menjadi penyemangat kita semua dalam berikhtiar dan mendekatkan diri kepada Allah SWT,” ucap Mahyeldi.(pc/adi)

Leave a Reply