Satgas Karhutla Riau memadamkan lahan yang terbakar.

PEKANBARU (perepat.com)-Dua malam hujan mengguyur wilayah Riau. Namun hal itu tidak membuat Satuan Tugas (Satgas) Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Riau berhenti melakukan pemadaman kebakaran yang membakar lahan di sejumlah kabupaten di Riau.

Satgas Karhutla Riau masih melakukan pemadaman ke wilayah Sungai Sembilan, Kota Dumai. Pasalnya, hujan tidak mengguyur wilayah tersebut.

Selain di Dumai, Satgas Karhutla Riau juga tengah melakukan pemadaman kebakaran wilayah Kuala Cenaku, Kabupaten Indragiri Hulu.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, M Edy Afrizal melalui Kepala Bidang Kedaruratan, Jim Gafur mengatakan, saat ini tim Satgas Karhutla darat masih melakukan pemadaman di Sungai Sembilan, Dumai dan Kuala Cenaku, Inhu.

“Kebakaran masih ada di Sungai Sembilan, Dumai dan Kuala Cenaku Inhu. Tapi untuk kebakaran di Inhu hari ini sudah dilakukan pendinginan,” kata Jim Gafur.

Jim Gafur menjelaskan kebakaran di Dumai terdapat dua titik, yakni di Lubuk Gaung dan Bangsal Aceh. Pemadaman kebakaran di wilayah itu tim satgas sampai menurunkan alat berat untuk sekat bakar.

“Di Dumai itu sumber air susah. Jadi alat berat diturunkan untuk membuat embung, sekaligus sekat bakar untuk memblokade api agar tidak meluas. Perlu langkah-langkah untuk memadamkan api disana,” ungkapnya.

Jim menyatakan, kebakaran di Dumai tersebut merupakan lahan masyarakat. Kebakaran di wilayah Sungai Sembilan tersebut terjadi hampir setiap tahun.

“Itu lahan masyarakat, hampir setiap tahun kebakar di sana. Tahun kemarin juga terbakar, yang sampai Kapolda turun di dekat situ juga. Karena lahan gambut terpicu sedikit saja langsung terbakar,” pungkasnya.(dan)

Leave a Reply