Ilustrasi.

BOGOR (perepat.com)–Majalah pekanan US, News & World Report, Amerika Serikat di Washington DC terbit pertama pada 1933 dan merger pada 1948. Sirkulasinya saban pekan diperkirakan  2.036.185.

Tumpal informasinya berita politik, ekonomi, kesehatan dan pendidikan. Tiap tahun rutin menerbitkan peringkat perguruan tinggi, pendidikan pascasarjana dan rumah sakit di AS. 

Namun, telah merangkum pula peringkat sistem pendidikan terbaik di seluruh dunia, yang disusun berdasarkan survei global berbasis persepsi.

Survei diukur dengan kompilasi skor tiga atribut, yaitu sistem pendidikan yang berkembang baik, apakah orang akan mempertimbangkan kuliah di sana serta apakah negara yang disebut ada pendidikannya yang berkualitas tinggi. 

Pemeringkatan mutakhir, Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Kanada dan Perancis pada ranking lima besar.

Ada pula pemeringkatan sistem pendidikan terbaik untuk kawasan negara-negara anggota Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara atau Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) yang dikutip dari detik.com.

Lantas, lima negara Anggota ASEAN mana saja dengan sistem pendidikan terbaik ? Ayo ikut simak, yang berikut …!

1. Singapura

Pada tahun 2020, negara tumasik ini peringkat 19 dari 73 negara yang diikutsertakan pada perankingan. Pada 2021 melorot dua tingkat ke peringkat 21.

2. Malaysia

Pada tahun 2021 ini peringkat ke-38 di seluruh dunia, yang sebelumnya ranking 39 dari 73 negara. Naik satu tingkat.

3. Thailand

Negeri Gajah Putih ini, posisi 46 pada tahun 2021. Naik dua peringkat  daripada tahun 2020.

4. INDONESIA

Ranking 55 dari 73 negara pada tahun 2021. Satu peringkat lebih baik daripada tahun 2020.

5. Filipina

Hanya satu posisi di bawah Indonesia. Tahun ini peringkat 55, melorot dari ranking 52 pada tahun 2020.

Ternyata, tidak memalukan juga kualitas sistem pendidikan di negara kita, Indonesia tercinta. Mengapa jauh-jauh ke negeri orang.

Andai memang tak ada atau belum ada jurusan atau bidang minat kita di negeri sendiri, tak mengapalah. Nah, Anda berminat bersekolah atau berkuliah dimana? Siapkan dana atau dapatkan informasi peluang beasiswa.(syaf/wan)

Leave a Reply