Musibah banjir melanda wilayah Inhu, Riau, beberapa waktu lalu.

JAKARTA (perepat.com)-Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat sepanjang tahun 2020, Indonesia telah dilanda sebanyak 2.952 peristiwa bencana.

Berkaca dari hal itu, Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy mengingatkan kembali bahwa sampai kapan pun Indonesia tidak bisa terlepas dari ancaman bencana.

Mengingat kondisi Indonesia yang berada di daerah kincir padi atau ring of fire. Sehingga bagi Muhadjir bencana di Indonesia merupakan sebuah keniscayaan.

“Sampai kapan pun, Indonesia akan selalu dirundung bencana,” ujar Muhadjir.

Muhadjir juga memaparkan tentang kondisi bencana selama dua tahun terakhir yang menimpa Indonesia. Tercatat, sepanjang 2020 jumlah bencana di Indonesia sebanyak 2.952 kejadian.

Sementara, di 2021 ini, berdasarkan data yang dimutakhirkan sampai dengan Juni 2021 telah terjadi 1.500 kejadian bencana.

“Di mana 99 persen adalah merupakan bencana hidro meteorologi. Selain bencana alam, pada tanggal 13 April 2020 pemerintah telah menetapkan penyebaran Covid-19 sebagai bencana nasional non-alam,” tukas mantan Mendikbud RI tersebut.(pc)

Leave a Reply