Truk ODOL masih merajalela melintas di sejumlah ruas jalan di Riau.(foto istimewa)

PEKANBARU (perepat.com)-Gubernur Riau (Gubri), Drs H Syamsuar MSi menyebutkan, saat ini beberapa ruas jalan provinsi di kabupaten/kota mengalami kerusakan. Hal itu diketahui setelah Gubri turun langsung melihat kondisi jalan di beberapa kabupaten/kota di Riau.

Gubri mengaku telah meninjau beberapa ruas jalan provinsi yang rusak itu di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Indragiri Hulu (Inhu), Kota Pekanbaru dan Kabupaten Siak serta Bengkalis guna memastikan pekerjaan yang akan dilaksanakan UPT Dinas PUPR-PKPP Riau. 

“Jadi beberapa ruas jalan yang rusak ini tahun ini kita perbaiki, dan beberapa kegiatan sudah tender. Karena itu kami minta pekerjaannya dipercepat,” ujar Syamsuar.

Selain daerah tersebut, lanjut orang nomor satu di Bumi Lancang Kuning itu,  pihaknya juga akan meninjau ruas jalan provinsi di kabupaten/kota lainnya yang menjadi prioritas Pemprov Riau untuk diperbaiki tahun ini. 

“Dengan begitu kita harapkan kerusakan jalan nantinya tidak mengganggu arus lalu lintas,” harap mantan Bupati Siak dua periode ini. 

Berdasarkan hasil tinjauannya, diakuai Syamsuar kerusakan jalan provinsi ini disebabkan truk Over Dimension Over Load (ODOL) yang tak sesuai dengan kekuatan jalan. Untuk itu diharapkan masyarakat dapat sama-sama menjaga jalan jika telah diperbaiki. 

“Kami menyadari kerusakan jalan ini akibat over kapasitas. Karena itu bagi pengguna jalan truk-truk yang melebihi kapasitas muatan tidak ada lagi. Tapi kita lihat masih banyak over kapasitas yang merusak jalan,” bebernya.(dan)

Leave a Reply