Bupati Inhil, Drs HM Wardan MP mengikuti kegiatan secara virtual.

TEMBILAHAN (perepat.com)-Bupati Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan MP mengikuti giat Deklarasi Damai dan Tolak Politik Uang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Kabupaten Inhil Tahun 2021 secara virtual, Senin (26/7/2021) siang dari Kota Pekanbaru. Turut mendampingi Bupati Inhil, Kepala Dinas PMD Inhil dan Kepala BKPSDM Inhil.

Secara terpisah, Deklarasi Damai dan Tolak Politik Uang Pilkades serentak TH 2021 turut juga dihadiri Ketua DPRD Inhil, Dr Ferryandi dan Unsur Pimpinan Forkopimda Inhil dari ruang Multimedia Diskominfo Pers Inhil Kompleks Kantor Bupati Inhil.

Selain itu, giat tersebut juga diikuti Ketua Bawaslu Kabupaten Inhil, Ketua KPU Kabupaten Inhil, Ketua Panitia Pilkades, dan diikuti Camat dan Unsur Forkopimcam serta Kepala Para Calon Kades secara virtual.

Deklarasi Damai dan Tolak Politik Uang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak Kabupaten Inhil ditandai dengan pembacaan Naskah Deklarasi yang diikuti Calon Kades se-Kabupaten Inhil dan dilanjutkan dengan Penandatanganan Naskah Deklarasi.

Dalam sambutannya, Bupati Inhil, HM Wardan MP yang tergabung melalui Video Conference mengatakan Pilkades merupakan bentuk pelaksanaan kedaulatan Rakyat di desa yang harus berlangsung damai dan kondusif. 

“Tak hanya itu, pelaksanaan Pilkades haruslah bersifat langsung, umum, bebas, rahasia, serta jujur dan adil. Hal ini dalam rangka menghasilkan Kepala Desa (Kades, red) terpilih yang berkualitas dan sesuai dengan harapan masyarakat,” ujar Wardan.

Orang nomor satu di Negeri Hamparan Kelapa Dunia itu juga berpesan agar aelama tahapan Pilkades Serentak berlangsung, baik itu panitia, cakades, timses dan masyarakat harus selalu junjung tinggi prinsip demokrasi dan tetap menghindari tindakan-tindakan curang selama pemilihan.

“Junjung tinggi selalu prinsip demokrasi dan tetap menghindari tindakan curang yang dapat mencederai ajang demokrasi tersebut. Sehingga dengan prinsip demokrasi itu, akan lahir pemimpin yang adil, bijaksana dan tentunya sesuai keinginan masyarakat.(dan/rom)

Leave a Reply