Kabid Humas Pola Riau, Komisaris Besar (Kombes) Pol Sunarto.

PEKANBARU (perepat.com)–Kepala Kepolisiran Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Drs Listyo Sigit Prabowo MSi merotasi dan memutasi sejumlah jabatan dan Kepala Polisi Resor  (Kapolres) di berbagai wilayah Kepolisian Daerah (Polda).

Rotasi dan pemutasian itu menurut informasi Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Kadiv Humas) Polri,  Inspektur Jenderal ( Irjen) Raden Prabowo Argo Yuwono SIK MSi ditetapkan dengan Surat Telegram Rahasia Nomor ST/1506/VII/KEP./2021, dan ST/1507/VII/KEP./2021 tertanggal 26 Juli 2021 (16 Zulhijjah 1442) yang ditandatangani Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri), Komisaris Jenderal (Komjen) Dr Drs Gatot Eddy Pramono MSi.

Diantara rotasi dan mutasi itu terjadi pula di jajaran Polda Riau, yakni tujuh Kapolres dan sejumlah jabatan. Mengkonfirmasi hal itu, Kepala Bidang (Kabid) Humas Pola Riau, Komisaris Besar (Kombes) Pol Sunarto membenarkannya. 

Menurutnya, perpindahan serta penyegaran jabatan di tubuh Polri merupakan hal yang biasa dan sangat lumrah terjadi. Penyesuaian jabatan sudah disesuaikan dengan keperluan organisasi serta jenjang karir pejabat yang berpindah. Pejabat yang ditunjuk saat ini merupakan orang-orang yang tepat sesuai jabatan yang diamanahkan. 

“Benar, memang ada mutasi. Penyegaran jabatan di tubuh Polri merupakan hal yang biasa dan sangat lumrah. Tour of area-lah. Saya yakin, kawan-kawan yang berpindah merupakan orang-orang yang tepat untuk mengemban amanah yang di percayakan saat ini,” ucap Kabid Humas Polda Riau itu kepada wartawan.

Pejabat Kapolres dan sejumlah jabatan yang dirotasi dan dimutasi di jajaran Polda Riau itu, sebagaimana berikut ini. 

1. Kepala Polisi Resor Kota (Kapolresta) Pekanbaru dijabat oleh Kombes Pol Dr Pria Budi SIK MH yang sebelumnya Direktur Pengamanan Objek Vital (Dirpamobvit) Polda Riau.

Ia menggantikan Kombes Pol Nandang Mu’min Wijaya yang dimutasi menjadi Kepala Bidang Hukum (Kabidkum) Polda Kalimantan Tengah (Kalteng). 

Sedangkan, Dirpamobvit Polda Riau dijabat oleh Kombes Pol Rudi Abdi yang sebelumnya Kasenda Dirsamapta Polda Bengkulu.

2. Kapolres Kampar dijabat oleh Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Rido Rolly Maruli yang sebelumnya Kepala sub Direktorat (Kasubdit) V Direktorat Intelijen dan Keamanan (Ditintelkam) Polda Riau.
3. Kapolres Kuantan Singingi (Kuansing) dijabat oleh AKBP Rendra Oktha Dinata yang sebelumnya menjabat Kepala Unit (Kanit) III Subdit III Direktorat Tindak Pidana Korupsi Badan Reserse Kriminal (Ditipikor Bareskrim) Polri.

Kapolres Kuansing sebelumnya, AKBP Hengki Poerwarto menjadi Wakapolresta Pekanbaru.

4. Kapolres Inderagiri Hulu (Inhu) dijabat oleh AKBP Bachtiar Alponso yang sebelumnya menjabat Koordinator Staf Pribadi Pimpinan (Koorspripim) Polda Riau. Kapolres Inhu sebelumnya, AKBP Efrizal menjadi Wadir intelkam Polda Riau.
5. Kapolres Dumai dijabat oleh AKBP Mohammad Kholid yang sebelumnya Kapolres Kampar menggantikan AKBP Andri Ananta yang diamanahkan menjadi Wakil Direktur Reserse Kriminal Khusus (Wadirreskrimsus) Polda Riau.
6. Kapolres Kepulauan Merbau Rangsang dan Tebingtinggi (Meranti) dijabat oleh  AKBP Andi Yul Lapawesean Tenri Guling yang sebelumnya Kasubdit V Direktorat Ditreskrimsus Polda Riau.
7. Kapolres Rokan Hulu (Rohul) dijabat oleh AKBP Eko Wimpiyanto yang sebelumya Kapolres Kepulauan Meranti. Kapolres sebelumnya, AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat diangkat menjadi Wadir Samapta Polda Riau.

Selain itu juga pemutasian Inspektur Pengawasan Daereah (Irwasda) Polda Riau, Kombes Pol Syamsul Huda pindah dan diangkat menjadi Auditor Kepolisian Madya Tingkat I Ispektorat Pengawasan Umum (Itwasum) Polri.

Jabatannya di Polda Riau digantikan oleh  Kombes Pol Hermansyah yang sebelumnya Kepala Biro Operasional  (Karo Ops) Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Auditor Kepolisian Madya Tingkat I Inspektorat Pengawasan Umum Daerah (Itwasda) Polda Riau, Kombes Pol Ino Harianto pindah menjadi Kapolresta Bandar Lampung, Provinsi Lampung. Jabatannya di Polda Riau sebelumnya itu digantikan oleh Kombes Pol Azam Himawan yang sebelumnya Wadir Pembinaan Masyarakat (Binmas) Polda Sumatera Selatan (Sumsel).(dan/gil)

Leave a Reply