Bupati Bengkalis, Hj Kasmarni meninjau salah satu stand peserta.

BENGKALIS (perepat.com)-Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupatem Bengkalis menggelar kegiatan Lomba Cipta Menu/Festival Pangan Lokal Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA) Kabupaten Bengkalis 2021.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bupati Bengkalis, Hj Kasmarni di Balai Kerapatan Adat Wisma Sri Mahkota Jalan Antara Bengkalis, Selasa (27/7/21).

Kegiatan yang diselenggarakan ini juga sempena menyemarakkan Hari Jadi Bengkalis ke-509. Giat ini  memperlombakan dua kategori, yakni Kategori Lunch Box atau Kemasan Makanan dan Kategori Menu Komersial.

Lomba Cipta Menu yang mengusung tema “Konsumsi Pangan Lokal B2SA Kita Turunkan Angka Stunting untuk Mewujudkan Anak Indonesia yang Sehat dan Cerdas” itu diikuti 11 utusan Tim Penggerak PKK Kecamatan di Kabupaten Bengkalis.

Menghadirkan langsung Dewan Juri,  yakni Tata Boga Indonesia Chef Assosiation (ICA) Provinsi Riau, Chef Rudi Saini, Hj Akna Juita (Wakil Ketua I TP-PKK Kabupaten Bengkalis) dan Susi Hartati (Kabid Konsumsi dan Keamanan Pangan DKP).

Dalam pengarahannya, Bupati Bengkalis, Hj Kasmarni mengatakan, dengan adanya kegiatan ini masyarakat bisa memanfaatkan bahan pokok lokal untuk konsumsi dan bernilai komersial. Dengan cipta menu yang kreatif akan mampu menciptakan menu makanan yang sehat dan beragam.

“Contoh seperti biji durian selama ini tidak dimanfaatkan sekarang dengan adanya teknologi diolah bisa menjadi keripik, naget dan macam-macam. Melalui dinas terkait kita harapkan agar masyarakat lebih kreatif untuk mengolah bahan makanan sehingga bisa memiliki nilai lebih tidak hanya konsumsi semata tetapi juga untuk kepentingan komersial,” terang Kasmarni.

Sementara itu, Kepala DKP Bengkalis, Imam Hakim menjelaskan, kegiatan ini diikuti belasan utusan dari kecamatan tersebut juga menampilkan belasan aneka menu makanan dari masing-masing kategori.

“Kegiatan ini tidak hanya semata-mata mencari juara lomba atau festival, namun sebagai salah satu upaya untuk menggali potensi pangan lokal untuk kebutuhan konsumsi masyarakat lebih kaya ragam. Dan termasuk lebih bernilai ekonomis. Selain itu, yang juga sangat penting yaitu pangan beragam bergizi seimbang kepada masyarakat khususnya ibu-ibu rumah tangga,” tegas Imam.(pc/qom)

Leave a Reply