Trio Beni Putra.

TEMBILAHAN (perepat.com)-Kerjasama antara pemerintah dengan insan pers dan media sebagai mitra publikasi informasi sangat diperlukan, termasuk oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inderagiri Hilir (Inhil).

Namun, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Kadis Kominfosantik) Inhil, Trio Beni Putra mengaku sangat kesulitan mengatur alokasi dana publikasi dengan keterbatasan anggaran beberapa tahun belakangan.

Hal itu diungkapkannya saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Inhil beserta sejumlah insan pers, Ahad pekan lalu di Kantor DPRD, Jalan HR Soebrantas, Tembilahan Hilir. Rapat dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Inhil, Dr H Ferryandi ST MM MT.

“Memang dengan keterbatasan anggaran kerja sama saat ini, membuat alokasi dana per perusahaan media cenderung tidak ideal. Namun, kami tetap berupaya bekerja maksimal, dan berusaha menyusunnya secara proporsional meski anggaran terus turun tiap tahunnya,” tutur Trio Beni jujur.

Keterbatasan dana dan anggaran yang terus berkurang jumlahnya, tak sebanding dengan pertumbuhan media pers, terutama media dalam jaringan (daring) atau media online yang tumbuh dan bertambah sedemikian pesat. Kecenderugan itu merata di banyak daerah.

“Kita, tidak bisa menahan media yang tumbuh menjamur. Solusinya dengan adanya penambahan anggaran, sehingga media massa yang selama ini menjadi mitra akan mendapat alokasi dana publikasi yang layak,” ucap Trio Beni.

DPRD Inhil pada kesempatan itu berjanjanji dan berkomitmen akan memberikan dukungan dana. Dukungan terhadap media perlu diberikan, sebab pers ikut berperan pada proses pelaksanaan pembangunan daerah. 

“Diharapkan dukungan dana dapat memperkuat jalinan kerja sama dan jalinan kemitraan insan pers dan media massa di Inhil  mengeksplorasi keunggulan daerah dan kegiatan ekspos kinerja pemerintah daerah,” ulas H Ferryandi beralasan.

“Pers atau media massa berperan menjembatani komunikasi antara pemerintah dengan masyarakat. Jadi, media massa berfungsi sebagai satu di antara sarana komunikasi dari atas ke bawah. Ini yang perlu dipahami,” tukas H. Ferryandi lagi menegaskan.

Komitmen DPRD Inhil yang berkomiten memberikan dukungan dana itu disambut gembira dan penuh sukacita oleh Kadis Komfimsantik Inhil. Mensyukuri komitmen dukungan DPRD Inhil terhadap anggaran publikasi itu, Trio Beni berharap dapat menjadi solusi anggaran di tengah terus bertumbuh pesatnya jumlah media massa, terutama media dalam jaringan (daring) atau media online itu.(raj/rom)

Leave a Reply