Beras Bulog.(foto istimewa)

SIAK (perepat.com)-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak tengah menyusun agenda penyaluran bantuan sosial (bansos) beras dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI untuk keluarga penerima manfaat melalui Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Sosial Tunai (BST) yang terkena dampak  Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) 2021.

Kepala Dinas Sosial (Kadinsos) Kabupaten Siak, Wan Idris mengatakan, hal itu sesuai dengan pelaksanaan hasil tindaklanjut rapat koordinasi seluruh kabupaten/kota di Provinsi Riau yang dipimpin oleh Gubernur Riau, Drs H  Syamsuar MSi tentang penyaluran bantuan beras saat PPKM dan rapat koordinasi dengan Perum Bulog Wilayah Riau Kepri dengan menetapkan PT POS Indonesia sebagai transporter.

“Jadi Bulog bekerjasama dengan PT POS menyalurkan bantuan beras 10 kg sesuai dengan lokasi by name by address, yang telah disampaikan Kementerian Sosial ke Bulog,” ujar Wan Idris.

Selanjutnya untuk penyaluran, Dinsos  Kabupaten Siak akan berkoordinasi dengan pihak kecamatan, kampung maupun kelurahan serta petugas-petugas sosial di tiap daerah.

“Nanti akan kami informasikan melalui surat kepada Camat, Penghulu dan Lurah melalui surat dari Bupati, terkait mekanisme dan jadwal penyaluran bantuan beras kepada keluarga penerima manfaat PKH dan BST,” terangnya.

Disinggung berapa jumlah penerima Cadangan Beras Pemerintah (CBP) kategori PKH, Wan Idris menyebutkan sebanyak 6.917 penerima dan kategori BST sebanyak 11.156 penerima. Sehingga total penerima PKH dan BST mencapai 18.073 penerima.

“Kualitas beras yang akan dibagikan adalah medium. Insya Allah, kalau tak ada halangan minggu depan akan kita salurkan ke masyarakat,” beber Wan Idris.(pc)

Leave a Reply