Gubri didampingi Danrem 031/WB, Kapolda Riau, Ketum MKA dan Ketum DPH LAM Riau saat meresmikan Dapur Umum.(foto: par/perepat.com)

PEKANBARU (perepat.com)–Sejak Kamis petang 12 Zulhijjah 1442 (22 Juli 2021) beberapa anggota TNI dan polisi tampak sibuk di areal Balai Adat Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau, Jalan Diponegoro 39, Kota Pekanbaru.

Mereka menyiapkan dapur umum untuk memasak makanan yang akan dibagikan kepada warga Kota Pekanbaru yang terdampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Daurat Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Peresmian Dapur Umum Masyarakat Terdampak Covid-19 itu dilakukan oleh Gusbernur Riau (Gubri), Datuk Seri Setia Amanah Mayarakat Adat Melayu Riau Drs H.Syamsuar MSi, Jum’at 13 Zulhijjah 1422 (23 Juli 2021) di halaman depan Balai Adat.

Gubernur berharap semoga gerakan berbagi pada masa PPKM Darurat akibat pandemi Covid-19 yang dilakukan oleh itu benar-benar membantu mereka yang terdampak di Kota Pekanbaru.

“Ini semua wujud kepedulian kita terhadap masyarakat kita yang terdampak Covid-19. Semoga ini menjadi ‘amal ‘ibadah kita di sisi Allaah Tuhan Yang Maha Esa,” tukas Gubri mengakhiri sambutan peresmian.

Dapur Umum itu, gerakan berbagi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau. Tim Gabungan dari Korem 031/WB, Polda Riau – Brigade Mobil (Brimob) dan Taruna Siaga Bencana dari Dinas Sosial Provinsi Riau. Kegiatan dikoordinir langsung oleh Korem 031/WB.

Dua Puan LAM Riau berfoto di samping sepeda motor yang digunakan mengantar makanan siap santap kepada yang terdampak PPKM Darurat Pandemi Covid-19.(foto:par/perepat.com)

Makanan siap saji dimasak oleh para personal TNI Korem 031/WB dan polisi Polda Riau. Kemudian 500 bungkus saban harinya akan diantarkan langsung ke rumah-rumah masyarakat oleh aparat Bintara Bina Desa (Babinsa) dan Bhayangkara Pembinaaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabin kamtibmas).

Hadir pada peresmian sekira dua jam menjelang sholat Jum’at itu Danrem 031/WB, Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Muhammad Syech Ismet SE MHan, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Riau, Inspektur Jenderal Polisi (Irjenpol) Agung Setya Imam Efendi, Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Riau, Dr Jaja Subagja SH MH, Ketua Umum Majelis Kerapatan Adat (MKA) dan Ketua Umum Dewan Pimpinan Harian (DPH) LAM Riau. Juga sejumlah yang lainnya.

Sebelumnya izin menempatkan dapur umum itu di LAM Riau, disampaikan santun via telefon oleh Danrem 031/WB kepada Datuk Seri H Al Azhar, sebelum ‘ashar Rabu 11 Zulhijjah 1442 (21 Juli 2021). Kemudian dilanjutkan bincang bersama keseokannya, Kamis.(par/sars/dan)

Leave a Reply