PEKANBARU (perepat.com)Inna lillaahi wa inna ilaihi roji’uun. Berita tentang kematian “Tabrani” tersebar di banyak Grup Warta Anda atau WhatshApp (WA). 

Banyak yang menduga yang wafat itu Prof (Emeritus) Dr dr Tabrani Rabb, mantan Guru Besar Fakultas Perikanan Universitas Riau (Faperi UNRI), yang juga budayawan Riau. Tabrani Rab memang sudah cukup lama juga sakit, terbaring gering.

Maka banyaklah yang mengucapkan rasa belasungkawa disertai do’a. Namun berita itu diluruskan oleh Datuk Rachmad Haidir M dan Puan Dare Suci di Grup Kampus Tabrani.

Inna lillaahi wa inna ilaihi rooji’uun. Telah berpulang ke rahmatullaah Pakcik/ Paman kami OK Tabrani. SH, RABU, 11 Zulhijjah 1442 H, 21 July 2021Jam 09.23 di RS AULIA Pekanbaru. Jenazah akan dibawa ke rumah Duka Jalan Ahmad Yani No.121 Pekanbaru. Mami dari ahli waris mohon dimaafkan kesalahan dan kehilafan Almarhum semasa hidupnya, apabila ada hutang piutang yg harus di selesaikan …silahkan menghubungi kami. Rachmad Haidir M Keponakan Almarhum,” tulisnya di Grup WA DPH LAM Riau.

Bahkan ada bantahan dari Puan dr Diana Tabrani, putri Tabrani Rab yang pernah didapuk sebagai Presiden Riau Meredeka itu.

“Ayah saya, Prof Tabrani Rab Masih ada di rumah saya. Masih saya rawat dengan baik. Yang meninggal itu #bukan Tabrani Rab,” pesan di WA berupa kapsen (caption).

Datuk Seri Orang Kayo (OK) Tabrani, Ketua Majelis Kerapatan Adat Lembaga Adat Melayu (MKA LAM) Riau Kota Pekanbaru. Wafat setelah dirawat karena sakit lambung.

Direncanakan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Senapelan, berhampiran dengan area parkir sepeda motor Hotel Mutiara Merdeka, in sya’a Allaah bakda (setelah) ‘ashar.

“Panjang umo Ongah Katab. Semoge Ongah nantinye husn al-khotimah,” ucap Datuk Tuan Guru H Syafruddin Saleh Sai Gergaji, Ketua Dewan Pimpinan Harian (DPH) LAM Riau Provinsi Riau Bidang Agama dan Nilai-nilai Adat (Bid AgNiA).

Tuan Guru mengaku kepada perepat.com, lama bergaul dengan Prof Tabrani yang disapanya dengan pebasaan Ongah Katab. Terlebih lagi ketika dia sebagai wartawan dan Redaktur Pelaksana (Redpel) SKM Genta semasa Pemrednya Rida K Liamsi.(dan)

Leave a Reply