Ketua MKA Datuk Seri Al Azhar dan Ketua DPH LAMR Provinsi Riau Datuk Seri Syahril Abu Bakar kukuhkan Penggawa Adat, SPBM dan WPM LAM Kota Dumai.(foto istimewa)

DUMAI (perepat.com)–Penggawa Adat, Serikat Pekerja Bumi Melayu (SPBM) dan Wadah Perempuan Melayu (WPM),  Lembaga Adat Melayu (LAM) Kota Dumai sekaligus dikukuhkan pada Senin 2 Zulhijjah 1442 (12 Juli 2021).

Pengukuhan dilaksanakan di Balai  Adat Melayu Riau, Kota Dumai oleh Ketua Majelis Kerapatan Adat (MKA) dan Ketua Dewan Pimpinan Harian (DPH) LAM Riau, Datuk Seri H Al Azhar dan Datuk Seri Syahril Abubakar.

Datuk Seri Al Azhar menyampaikan dukungan penuh terhadap kegiatan yang telah diprogramkan dan yang telah dilaksanakan LAM Riau kota Dumai. 

“Pengukuhan ketiga Perekat Perangkat Adat Melayu Riau itu dapat meneguhkan masyarakat adat di Kota Dumai, di kota sendiri, semakin bermarwah. Tak sekadar menjadi penonton keberahasilan orang saja,” ujar Datuk Al Azhar.

Walikota Dumai, H Paisal SKM MARs pada sambutan mengharapkan agar masyarakat adat Kota Dumai dapat bersatu membangun Kota Dumai. Bersatu mebangun ekonomi, dengan tetap setia pada adat sosial budaya Melayu, serta menjaga kerukunan antar sesama.

“Kita berharap, agar masyarakat adat di Kota mendapat tempat dikampungnya sendiri. Nantinya Blok Rokan  yang tidak lagi dikelola Chevron, yang selama ini hampir 100 tahun kita hanya menjadi penonton saja. Dapat pulalah LAM Riau bersama BUMA-nya  ikut pula bersama  mengelola, didukung semua  pemangku adat, dananak-kemenakan,” ucap Datuk Seri Syahril Abu Bakar kepada awak media.

Usai mengukuhkan ketiga Perekat Perangkat Adat, yang di antaranya mengukuhkan Agustiawan sebagai Datuk Timbalan Penggawa Muda Satu, Datuk Seri Syahril Abubakar, menjawab perepat.com menyebut bahwa pengukuhan itu bagian dari memarwahkan harkat martabat masyarakat adat.

“Jaga marwah. Jaga kampung. Junjung Perempuan. Semangat bekerja dan berkarya,” ujar Datuk Seri Syahril Abubakar dengan bahasa yang tertakar.  

Sebelumnya di Pekanbaru, pada Senin  petang 27 Dzulqo’dah 1442 (28 Juni 2021), Timbalan Ketua DPH LAM Riau Provinsi Riau, Datuk Asral Rachman mengukuhkan Panglima Muda Penggawa LAM Riau BKO Kota Pekanbaru. Pengukuhan di Balai Kerapatan Adat Melayu Riau, Jalan Diponegoro 39, Kota Pekanbaru.(dan/sars)

Leave a Reply