3 calon Ketua RT foto bersama panitia pemilihan.

PEKANBARU (perepat.com)–Suasana pandemi akibat Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) menjadikan yang normal tak lazim lagi. Harus dengan suatu kebiasaan baru yang menyesuaikan keadaan.

Begitu pulalah dengan pemilihan Ketua Rukun Tetangga (RT) 03 Rukun Warga (RW) XII, Kelurahan Sidomulyo Timur, Kecamatan Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru.

Pemilihan dilaksanakan oleh Panitia dengan SK yang ditandatangani Lurah, Muhammad Arif Surya Dwi Putra SSTP MIP, Rabu 23 Juni 2021 (12 Dzulqo’dah 1442). H Isral (Ketua), H Syaiful (Sekretaris) dan Hj. Puspa Respati Dewi (Bendahara).

Kemudian disepakati menunjuk sejumlah petugas yang rela berpartisipasi menyukseskan pemilihan. Pemilihan langsung, tidak dipusatkan di satu tempat,  tapi door to door. Petugas mendatangi pemilih rumah ke rumah. 

Hal ini, kata Bendahara Panitia Pemilihan, Puan Hj.Puspa Respati Dewi kepada perepat.com, bukan untuk mengirit biaya namun demi menghindari kerumunan.

Apakah tidak menyalahi aturan Peraturan Walikota (Perwako)? Ketua, dan Sekretaris Panitia Pemilihan, H Irsal dan H Syaiful sama menyatakan hal itu tidak menyalahi karena diputuskan dengan musyawaroh mufakat. Hal itu dibenarkan pula oleh mantan Ketua RW XII, H Aris Munandar.

Pemilihan dilaksanakan Sabtu 29 Dzulqo’dah 1442 (10 Juli 2021). Petugas telah bergerak dari rumah ke rumah sejak pukul 07:30 WIB hingga pukul 11:00 WIB.

Namun, mereka yang pada rentang waktu itu tidak berada di rumah, dapat menunaikan hak pilihnya ke Posko Jalan Bakti IX/18, kediaman H.Syaiful, pukul 11:00 WIB hingga pukul 12:00 WIB. 

Tiap rumah tangga atau Kepala Keluarga (KK) hanya satu suara. Boleh siapa saja seorang di antara yang nama terantum pada KK dengan persyaratan memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP). Jumlah KK yang tercatat sebab dan alasan yang lain tak ikut memilih, Panitia terlupa dikonfirmasi.

Setelah dilakukan penghitungan suara, tiga calon memperoleh suara masing-masing: Arif Hidayatullah, 27 suara, Firman Usman, 32 suara dan Dwiky Herdianto Surya, 26 suara. Maka terpilihlah Firman Usman sebagai Ketua RT 03/RW XII Kelurahan Sidomulyo Timur 2021-2026.

Lurah, Bintara Pembina Desa (Babinsa), dan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibtas), bersama Ketua RW ikut memantau langsung pelaksanaan pemilihan. Petugas keamanan RW mendampingi kunjungan dari rumah ke rumah untuk pencoblosan.

“Alhamdulillaahi Rabb al-‘alamiin …! Semuanya bersyukur, karena berjalan lancar dan sukses,” ucap Ketua RW XII, Isnen SE.

Panitia, Ketua Keamanan, Heru Kurniawan,dan para anggotanya, Ketua Pemuda, Safari Al.Hamdani dan kawan-kawan, merasa terbalas jerih payah mereka ikut menyukseskan pemilihan. 

Buya H Syafruddin Saleh, Ustadz Januar Ma’as, dan Ustadz H Zamzami Burhan, Prof Dr Jasril Karim, H Surya Arfan, H Aris Munandar, Dr Hj Yuliarti MAg, Hj Susi Herlinda.MPd dan Hj Herlina Yusuf, SAg diantara tokoh islaam, tokoh masyarakat dan tokoh perempuanmikut bersyukur, lega serta puas.(dan/rim)

Leave a Reply