Wagub Sumbar, Audy Joinaldy meninjau progres pembangunan Tol Padang-Pekanbaru.(foto istimewa)

PADANG (perepat.com)-Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Barat (Sumbar), Audy Joinaldy dan Kapolda Sumbar, Irjen Pol Toni Harmanto memantau pembangunan jalan tol Padang-Pekanbaru. Hal ini dilakukan untuk mengetahui persoalan yang menjadi kendala dalam pembangunan.

“Kita sudah lakukan rapat koordinasi beberapa kali. Sekarang kita turun langsung untuk melihat kondisi riil di lapangan,” ujar Audy.

Audy menambahkan, persoalan yang terjadi sebagian besar terkait administrasi. Selain itu kemungkinan ada keterlambatan pembayaran.

“Secara umum kita temukan, masyarakat sebenarnya bisa menerima pembangunan proyek strategis nasional ini. Apalagi nilai penggantian lahan juga cukup tinggi. Jadi tidak ganti rugi lagi, tetapi ganti untung,” terangnya.

Audy melanjutkan, pihaknya akan fokus untuk menyelesaikan dulu masalah administrasi lahan STA 4,2 hingga 6,3 yang sebagian masih ada yang belum bebas.

“Rencananya kita ke Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk melihat apa kendala yang dihadapi di sana,” ucap Audy.

Sementara itu, Kapolda Sumbar, Irjen Pol Toni Harmanto mengatakan pihaknya berkomitmen untuk membantu pembangunan tol dari segi penegakan hukum.

“Polda Sumbar sudah melakukan proses hukum terkait pembangunan itu diantaranya premanisme dan rekayasa kepemilikan tanah yang mengganggu proses,” kata Irjen Pol Toni.

Untuk diketahui, Tol Padang-Pekanbaru merupakan sirip dari tol trans Sumatera dengan panjang sekitar 254,80 kilometer yang terdiri atas enam seksi.

Enam seksi itu masing-masing seksi I Padang-Sicincin (36,15 km), seksi II Sicincin-Bukittinggi (38 km), Seksi III Bukittinggi—Payakumbuh (34 km), Seksi IV Payakumbuh—Pangkalan (58 km), Seksi V Pangkalan—Bangkinang (56 km) dan Seksi VI Bangkinang—Pekanbaru (40 km).(pc/adi)

Leave a Reply