Sambutan Kadispersip Riau, Rahima Erna pada giat Lomba Bertutur SD/MI se-Riau.

PEKANBARU (perepat.com)-Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Kadispersip) Provinsi Riau, Rahima Erna berharap melalui lomba bertutur tingkat Sekolah Dasar (SD) sederajat se-Provinsi Riau dapat mendorong anak-anak untuk gemar membaca.

Ia menyampaikan, secara tidak langsung anak-anak yang mengikuti lomba tersebut akan menjadi agen perubahan di sekolahnya masing-masing untuk membudayakan membaca.

“Lomba ini salah satu upaya mengembangkan gemar membaca di kalangan anak-anak,” ujar Rahima di sela kegiatan lomba bertutur tingkat SD se Provinsi Riau secara virtual, Selasa (6/7/21).

Diungkapkan Rahima, menumbuhkan kembangkan minat baca anak menjadi salah satu upaya yang dilakukan Dispersip Riau, terutama dalam mencintai budaya bangsa.

“Kalau kita tinggal di Riau, tentunya yang kita junjung adalah Budaya Melayu dan budaya-budaya lainnya,” ucapnya.

Penampilan siswa SD asal Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Encik Muhammad Hadirul Muqaffi pada Lomba Bertutur tingkat SD/MI se-Provinsi Riau.

Pihaknya juga mengharapkan kegiatan ini juga dapat meningkatkan minat baca anak terhadap buku cerita lokal, seperti cerita si lancang dan lainnya.

“Tolong anak-anak kita ini jadi agen perubahan untuk menumbuhkan minat baca pada anak. Budaya Melayu harus terus kita sosialisasikan melalui dongeng-dongeng dan cerita-cerita khas Melayu,” ungkap Rahima.

Rahima menyebutkan, bangsa yang besar adalah bangsa yang generasi mudanya dibentuk oleh pendidikan formal dan non formal. Dimana generasi mudanya tidak hanya pintar secara pendidikan namun juga pintar dalam bidang lainnya, misalnya komunikasi, seni dan lainnya.

“Saya menyampaikan apresiasi atas kerja sama dan dukungan yang telah dilakukan untuk mensukseskan lomba ini. Jadi kita harap ini tidak selesai disini saja namun ada bimbingan untuk meningkatkan minat baca pada anak,” sebutnya.

“Semoga kegiatan ini menjadi motivasi di masa depan untuk menciptakan sumber daya manusia yang unggul dan cerdas. Sehingga melahirkan pemimpin yang cerdas,” beber Rahima.(rim)

Leave a Reply