JAKARTA (perepat.com)–Direktorat Kurikulum Sarana dan Prasarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kemenag RI telah membuka tiga pekan masa pendaftaran untuk mengikuti Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Kabupaten/Kota. Dimulai sejak Senin 24 Dzulqo’dah, In sya’a Allaah hingga Senin 16 Zulhijjah 1442 (5 hingga 26 Juli 2021) mendatang.

“Sejak awal digelar 2012, KSM telah menjadi ajang membangun budaya kompetisi atau bersaing bagi siswa madrasah. Mulai tahun 2018, KSM berupaya mengelaborasi sains dengan konteks nilai-nilai Islam. Pada 2021 ini, KSM dilaksanakan bertujuan untuk memperteguh akhlak mulia, pada diri siswa yang kreatif, inovatif, berwawasan kebangsaan, cerdas, sehat, disiplin serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknogi”, begitu penegasan yang disampaikan Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kemenag RI, Prof Dr H Isom, MAg di Jakarta belum lama ini melansir kemenag.go.id.

Mengejawantahkan antara Elaborasi Sain dengan Konteks Nilai-nilai Ke-Islaman-an dan guna memperteguh siswa yang berilmu pengetahuan, berprestasi, serta berakhlaq mulia itu, maka soal-soal sains pada ajang KSM dielaborasi dengan konteks yang ada dalam Alqur’an.

Soal-soal sainsnya juga menggali konsep serta terapan yang ada pada ajaran dan syari’at Islam, semisal zakat, falak dan tema lainnya. Soal keilmuan sains murni, dilakukan sebagai upaya tetap menyejajarkan siswa-siswa madrasah dengan siswa-siswa olimpiade sains di madrasah.

Tujuan dan maksudnya supaya peserta didik atau para siswa tetap mengkaji konsep ke-Islam-an dengan sains yang holistik (menyeluruh dan saling kait).

Pada KSM tahun 2021 ini, soal juga akan menggunakan Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris atau Bahasa Arab. Hal ini sebagai suatu persiapan kegiatan KSM pada masa mendatang yang akan Go International berkompetisi dengan beberapa negara tetangga dan negara-negara sahabat.

KSM terbuka bagi murid Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan Sekolah Dasar (SD) Negeri ataupun Swasta. Juga bagi pelajar Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Sekolah Menegah Pertama Negeri atau pun Swasta. Serta bagi siswa Madrasah Aliyah (MA), dan Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri maupun Swasta.

Bidang-bidang  studi yang dilombakan untuk jenjang MI/SD meliputi Matematika Terintegrasi, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) terintegrasi. Untuk jenjang MTs/SMP meliputi Matematika Terintegrasi, IPA terpadu terintegrasi, IPS terpadu terintegrasi. Untuk jenjang MA/SMA meliputi  Matematika, Bilogi, Fisika, Kimia, Ekonomi, dan Geografi yang masing-masingnya terintegrasi.

Selanjutnya, dapat Anda cermati:

Rangkaian Jadual Pelaksanaan, serta Petunjuk dan Pedoman Teknis KSM Tahun 2021 
Tahapan KSM. Waktu Pelaksanaan Tempat KSM Satuan Pendidikan 21–30 Juni 2021 Ditetapkan madrasah/sekolah masing-masing

Pendaftaran KSM Kabupaten/Kota 5–26 Juli 2021di rumah masing-masing peserta atau tempat yang representatif terkait signal dan PC yang digunakan.

Ujicoba KSM Kabupaten/Kota 14–16 Agustus 2021 di rumah masing-masing peserta atau tempat yang representatif terkait signal dan PC yang digunakan.

KSM Kabupaten/Kota 21–23 Agustus 2021 di rumah masing-masing peserta atau tempat yang representatif terkait signal dan PC yang digunakan.

Pengumuman Pemenang KSM Kabupaten/Kota 28 Agustus 2021 http://ksm.kemenag.go.id

KSM Provinsi 18–20 September 2021 di rumah masing-masing peserta atau tempat yang representatif terkait signal dan PC yang

Pengumuman Pemenang KSM Provinsi 25 September 2021 http://ksm.kemenag.go.id

Technical Meeting Persiapan KSM Nasional 9 Oktober 2021 di rumah masing-masing peserta atau tempat yang representatif terkait signal dan PC yang digunakan

KSM Nasional Berbasis Komputer 23 Oktober 2021. Peserta dikumpulkan di Provinsi masing-masing (Madrasah, kanwil, atau tempat yang telah ditentukan oleh kanwil).

KSM Nasional eksplorasi/eksperimen 24 Oktober 2021. Peserta dikumpulkan di Provinsi masing-masing (Madrasah, kanwil, atau tempat yang telah ditentukan oleh kanwil).

Pengumuman Pemenang KSM Nasional 30 Oktober 2021 http://ksm.kemenag.go.id
Nah, sekolah yang telah mempersiapkan para murid, atau pelajar, atau siswanya, masih ada waktu, melakukan pendaftaran. Fa iza ‘azamta fa tawakkal ‘ala Allaah. Silakan …!.(syaf/wan)

Leave a Reply