Kadisdik Riau, Zul Ikram.

PEKANBARU (perepat.com)-Sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau, hasil pelaksanaan Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) untuk tingkat SMA/SMK Negeri se-Provinsi Riau akan diumumkan hari ini, Rabu (7/7/2021).

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Provinsi Riau, Zul Ikram mengatakan, pengumuman PPDB sesuai dengan sekolah yang dituju siswa pada saat mendaftar. Sesuai dengan aturan, masing-masing siswa boleh mendaftar di dua sekolah negeri, jika di satu sekolah tidak diterima dan mendaftar di sekolah lain.

“Pengumuman sesuai sekolah yang dituju. Kami menghimbau kepada masyarakat untuk bisa melihat kelulusan anaknya. Sesuai dengan petunjuk teknis PPDB secara online di Riau, sejauh ini berjalan lancar,” ujar Zul Ikram. 

“Secara umum PPDB lancar, kendala teknis pasti ada sifatnya kuatistik saja. Untuk pengaduan masyarakat yang tidak puas dengan hasil PPDB ada dan relatif standar, mulai dari KK tidak ada, nomor yang belum keluar, mendaftar tapi tidak keluar nomor, sehingga bukti nya tidak keluar itu dibantu. Permasalahan lainnya sola zonasi juga ada, dan ini diselesaikan di masing-masing sekolah,” tambah Kadisdik. 

Kadisdik juga menyampaikan kepada masyarakat yang tidak diterima di sekolah negeri untuk bisa sekolah di sekolah swasta. Pada umumnya kualitas sekolah swasta juga cukup baik, yang membedakan hanya di pembiayaan, dimana sekolah swasta masih membayar dan sekolah negeri gratis. 

“Yang tidak diterima di sekolah negeri silahkan memilih sekolah swasta sesuai keinginan. Keterbatasan penerimaan siswa d isekolah Negeri memang menjadi kendala dengan jumlah siswa SMP yang lulus sekolah,” papar Zul Ikram.

Sementara itu, dari data hari terakhir PPDB, dari data yang masuk sebanyak 81.839 siswa yang mendaftar di 12 Kabupaten Kota. Kota Pekanbaru terbanyak siswa yang mendaftar masuk sekolah negeri yakni sebanyak 19.808, disusul Kabupaten Bengkalis 8.715 siswa.

Kemudian Rokan Hulu 6.004, Kota Dumai 5.643 siswa, Inhil 4.516, Rohil 5.659 siswa, Pelalawan 4.828, Siak 6.148, Kampar 8.655 siswa, Kuansing 4.382 siswa, Meranti 1.479 siswa, dan Inhu 5.984 siswa.(sars)

Leave a Reply