Tim Elektro UIN Bandung.

BANDUNG (perepat.com)–Diikuti 155 Tim dari 13 negara, International Invention Competition for Young Moslem Scientists (IICYMS) diselenggarakan di Kota Bandung, Jawa Barat (Jabar). Acara ditaja dalam jaringan atau daring (online) sejak Kamis hingga Ahad 20-23 Dzulqo’dah 1442 (1-4 Juli 2021).

Tim Mahasiswa Teknik Elektro Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN SGD) Bandung mengikuti kategori Mechanical and Electrical Engineering dengan judul “The Prototype of Smart Garden System with Flutter Programming Algorithm using Solar Photovoltaic System”.

Mahasiswa pada tim itu, yaitu Muhammad Alvito Aditya, Reno Muhammad Fadilla, Deri Ruswandi, Agung Tri Wahyudi dan Muhitha Adha.

Selain medali emas, tim UIN SGD Bandung juga meraih penghargaan khusus (Special Awards) from BUCA, Turki. Humas UIN SGD mewartakan kepada media, Senin 24 Dzulqo’dah 1442 (5 Juli 2021).

Mengapresiasi keberhasilan para mahasiwa itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Alumni dan Kerjasama UIN SGD, Dr H Ahmad Fathonih MAg menilai prestasi itu akan sangat berkontribusi pada peningkatan akreditasi Program Studi (Prodi) Fakultas. Juga otomatis terakumulasi memperkuat kelembagaan universitas.

Dia mensyukuri, karena meski Jurusan Teknik Elektro itu masih baru, telah dapat berprestasi yang membanggakan pada ajang internasional.

“Kendatipun jurusan ini tergolong baru, mahasiswanya telah mampu bersaing dengan mahasiswa-mahasiswa antar negara. Ini membanggakan dan patut disyukuri,” ucap Ahmad Fathonih lirih.

Walau pageblug atau pandemi menjadi wabah yang belum sanggup dihalau, Ketua Jurusan Teknik Elektro UIN Bandung, Nanang Ismail MT bersama para pensyarah atau dosen tak henti-henti berupaya memotivasi menggesa  mahasiswa berinovasi dan berprestasi. 

Akhirnya, kinerja supervisor Tim, Puan Lia Kamelia MT yang telah mendampingi mahasiswa berkarya membuahkan hasil yang tidak hanya membanggakan fakultas tapi juga universitas.

“Prestasi ini menjadi kebanggaan bagi UIN Sunan Gunung Djati Bandung lebih-lebih lagi bagi Jurusan Teknik Elektro,” ujar Nanang.

Kedua-dua pejabat di UIN SGD itu berharap keberhasilan Tim Mahasiswa Jurusan Elektro itu menjadi mendorong para mahasiswa lainnya. Tidak hanya mahasiswa di jurusan, dan fakultas, serta universitas UIN SGD, tapi juga menular ke Perguruan Tinggi yang lainnya.(wan/saf)

Leave a Reply