Rezita Meylani Yopi (kiri) Bupati Termuda se-Indonesia. Saat ini ia menjabat Bupati Inhu di usia baru 27 tahun.

PEKANBARU (perepat.com)-Gubernur Riau (Gubri), Drs H Syamsuar MSi resmi melantik Rezita Meylani Yovi dan Junaidi Rahmat sebagai Bupati dan Wakil Bupati Indragiri Hulu (Inhu) di Balai Pelangi Komplek Gubernuran Riau, Jalan Diponegoro Pekanbaru, Senin (5/7/2021).

Meski pun pelantikan kepala daerah adalah hal yang lumrah, namun ada hal yang menarik pada pelantikan Rezita sebagai Bupati Inhu. Diketahui, Rezita Meylani Yovi merupakan perempuan kedua di Riau yang menjadi kepala daerah setelah sebelumnya Kasmarni juga dilantik sebagai Bupati Bengkalis beberapa waktu lalu.

Tak hanya itu, berbicara tentang Rezita sebagai Bupati Inhu, ada fakta-fakta menarik tentang dirinya yang mungkin belum diketahui publik. Yaitu, Rezita merupakan Bupati termuda se-Indonesia dan juga yang paling kaya diantara seluruh pasangan pemenang Pilkada Riau tahun 2020.  

Rezita lahir pada tanggal 7 Mei tahun 1994 dk Japura, Indragiri Hulu. Artinya saat ini ia baru saja memasuki usia 27 tahun. Sebelumnya, saat hasil dari pemilihan suara ulang (PSU) Pilkada Inhu yang telah rampung dilaksanakan pada Selasa (20/4/2021) lalu menyatakan dirinya sebagai pemenang, Rezita masih berusia 26 tahun.

Rekor sebagai Bupati termuda itu sebelumnya diraih oleh suami Rezita yang tak lain juga mantan Bupati Inhu, Yopi Arianto yang pernah memecahkan Rekor MURI sebagai bupati termuda, dengan usia menjabat yakni 30 tahun pada 2010 silam.

Dihimpun dari data milik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Rezita memiliki harta kekayaan sebesar Rp.43.706.278.342 atau hampir Rp44 miliar, dan pasangannya, Wakil Bupati terpilih Junaidi Rachmat hanya mengantongi harta Rp.2.055.697.200.

Jumlah harta kekayaan itu membuat Rezita menjadi Bupati terpilih hasil Pilkada serentak Provinsi Riau yang paling ‘berduit’.(sars)

Leave a Reply