Proses pemantauan hilla idul adha, beberapa waktu lalu.(foto istimewa)

JAKARTA (perepat.com)-Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama (Kemenag) RI, Kamaruddin Amin menyebutkan, Kemenag RI akan menggelar sidang Isbat untuk menentukan hari raya Idul Adha sekaligus bulan Zulhijah 1442 Hijriah pada Sabtu (10/7/2021) mendatang.

“Sidang Isbat nantinya akan digelar secara terbatas akibat pandemi virus corona (Covid-19). Para undangan yang hadir secara langsung wajib memenuhi protokol kesehatan yang ketat,” ujar Kamarudin, Kamis (1/7/2021) mengutip dari CNNIndonesia.com.

Kamaruddin menjelaskan sidang isbat penentuan 1 Zulhijah 1442 H akan terbagi dalam beberapa tahap. Sesi pertama akan dimulai dari pemaparan posisi hilal awal Zulhijah 1442 H oleh tim Falakiyah Kemenag.

Kemenag biasanya akan menentukan titik-titik pengamatan hilal di seluruh Provinsi di Indonesia jelang sidang Isbat. Setelah itu, baru dilanjutkan dengan sidang isbat yang digelar secara internal oleh Menag dan beberapa undangan yang hadir.

“Prosesnya sama seperti sebelumnya,” kata Kamaruddin.

Diketahui, Ormas Islam seperti Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah menetapkan 10 Zulhijah 1442 Hijriah atau perayaan Hari Raya Idul Adha 1442 H jatuh pada Selasa, 20 Juli 2021 mendatang.

Keputusan tersebut tertuang dalam Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor 01/MLM/I.0/E/2021 Tentang Penetapan Hasil Hisab Ramadan, Syawal, Dan Zulhijah 1442 Hijriah.(sap/sars)

Leave a Reply