Gubernur Riau, Drs H Syamsuar MSi menggunting pita peresmian kantor Baznas Riau.(foto par/perepat.com)

PEKANBARU (perepat.com)–Badan ‘Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Riau sejak Rabu 19 Dzul Qo’dah 1442 (30 Juni 2021) berkantor di tempat yang baru. Posisinya lebih strategis, dan mudah dijangkau. Kantor Baru itu di Blok B Komplek Perkantoran Sudirman, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Pekanbaru.

Peresmian, langsung oleh Gubernur Riau (Gubri), Drs H Syamsuar MSi Datuk Seri Setia Amanah Masyarakat Adat Melayu Riau, pada acara syukuran yang sengaja ditaja panitia.

Berucap pada peresmian itu, Gubri sangat berterima kasih kepada pihak Baznas dan mengapresiasi positif berbagai program dan bantuan yang disalurkan. Gubri menilai hal itu telah sangat membantu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau serta Pemerintah Kota (Pemko) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) di tanah Melayu ini.

“Karena ada sisi-sisi penganggaran yang tidak bisa dilaksanakan Pemerintah Daerah, baik provinsi ataupun kabupaten atau kota. Tetapi oleh Baznas bisa dilakukan. Yang terpenting sesuai dengan syari’at yang ada,” tutur Gubri berkata jujur.

Gubri H Syamsuar juga menyampaikan tentang animo masyarakat berwakaf di Provinsi Riau. Gerakan berwakaf masih perlu ditingkatkan, sebab sekarang ini Riau masih ketinggalan dibanding beberapa daerah lain di Indonesia.

“Harapan kami kepada kita semua, bagaimana kita bisa menggerakkan semangat berwakaf. Jika kita sudah bisa menggerakkan seluruh masyarakat Riau berwakaf, In sya’a Allaah kita akan bisa  membangun Gedung Menara Baznas yang lebih baik, sesuai dengan harapan yang kita inginkan,” papar Gubri yang mengemban amanah sebagai Datuk Seri Setia Amanah Masyarakat Adat Melayu Riau itu.

Selain meresmikan penggunaan kantor Baznas, Gubri H Syamsuar juga  menyerahkan simbolis bantuan yang dihimpun Baznas Provinsi Riau  kepada mustahik penerima manfaat. Mereka, para kaum dhu’afa, dan para penerima beasiswa pendidikan sekolah di dalam dan  di luar negeri.

Kepada para penerima beasiswa, Gubri berpesan agar mereka belajar bersungguh-sungguh, menjaga amanah orang tua, para ustadz, dan mereka yang telah menunaikan zakat dengan menyerahkannya kepada Baznas.

Harapan Gubri, supaya tetap memelihara kesatuan dan persatuan dengan mewujudkan  identitas Islam yang  rohmatan li al-‘alamin di persada Indonesia, khususnya di bumi Melayu, Riau.

Baznas Provinsi Riau tak hanya menyalurkan bantuan kepada para dhu’afa, dan memberikan beasiswa. Juga berbagai program unggulannya. Baznas dengan program-programya, berkoordinasi dengan Pemprov Riau dan dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Riau.

Sebelumnya, Baznas Provinsi Riau berkantor di Komplek Masjid Agung Annur, Jalan Hang Tuah, Kota Pekanbaru.

Turut hadir pada peresmian dan syukuran itu, Kepala Kanwil Kemenag  Provinsi Riau, Dr H Mahyudin MA, Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau, Syafaruddin Poti serta beberapa unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Riau.

Pihak Baznas Provinsi Riau Hadir semua Unsur Pimpinan Baznas Provinsi Riau,  Tuan Guru Dr H Saidul Amin MA, Dr Yahanan MSy dan Muhammad Erwin SP SE MESy. Juga Kepala Bagian di lingkungan Baznas Provinsi Riau. Acara mematuhi protokol kesehatan (prokes) pandemi Corona-19.(dan/par)

Leave a Reply