Bupati dan Wakil Bupati Siak, Alfedri dan Husni Merza melakukan ziarah ke makam para sultan.

SIAK (perepat.com)-Usai dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Siak, Alfedri dan Husni Merza melakukan ziarah ke makam para sultan sebagai bentuk penghormatan kepada para pemimpin Siak terdahulu.

Ziarah dimulai dari makam Sultan Abdul Jalil Rahmat Syah atau Rajak Kecik yang terletak di Kampung Buantan Besar, Kecamatan Siak. Kemudian diakhiri dengan menziarahi makam Sultan terakhir Siak, yakni Sultan Syarif Kasim II di Kelurahan Kampung Dalam, Kecamatan Siak.

Kepala daerah hasil Pilkada 2020 itu ditemani sejumlah pejabat, terlihat juga Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Siak H Sofwan Saleh, Metua Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Wan Said dan sejumlah tokoh lainnya.

Dalam ziarah tersebut, rombongan melantunkan doa untuk almarhum para Sultan Siak yang pernah bertahta di Kerajaan Siak Sri Indrapura di masa lampau.

“Kita mulai berziarah di makam Sultan pertama Abdul Jalil Rahmat Syah atau Sultan Raja Kecik, kemudian Sultan kedua yakni Sultan Abdul Jalil Muzafar Syah atau Tengku Buwang Asmara, sampai yang terakhir di makam Sultan Syarif Kasim II,” ujar Alfedri, Rabu (23/6/2021).

Ziarah itu juga sebagai bentuk rasa syukur Alfedri-Husni karena masyarakat Siak telah mengamanahkan untuk mereka pimpin.

Wakil Bupati Siak, Husni Merza mengaku sebelum berziarah ke makam sultan, dia dan keluarganya lebih dulu menziarahi makam orangtuanya.

“Pagi itu saya bersama adik saya ziarah ke makam orang tua kami di TPU Suak Santai. Setelah itu bergabung dengan Pak Bupati,” kata Husni.

Usai berziarah ke makam sultan, Husni menyampaikan masih ada satu makam yang belum dia dan Alfedri kunjungi yakni Sultan Yahya Abdul Djalil Muzzafar Syah.

“Semua makam sudah kami ziarahi, kecuali makam Sultan Yahya yang ada di Dungun Trengganu Malaysia. Insya Allah kalau nanti situasi sudah memungkinkan saya dan Pak Bupati kemungkinan akan berziarah ke sana,” tukasnya.(pc/sars)

Leave a Reply