Ilustrasi (istimewa)

JAKARTA (perepat.com)-Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021 diupayakan dibuka akhir Juni ini. Daftar formasi CPNS tahun ini untuk sejumlah instansi juga sudah diumumkan.

Dari sejumlah instansi tersebut terdapat beberapa formasi yang membutuhkan CPNS lulusan SMA/SMK Sederajat.

Plt Asdep Perencanaan dan Pengadaan SDM Aparatur Kemenpan-RB, Katmoko Ari Sambodo menyampaikan, per tanggal 13 Juni 2021 telah ditetapkan kebutuhan CASN sebanyak 707.622. Formasi paling besar diperuntukkan bagi PPPK Guru sejumlah 531.076. Kemudian PPPK non Guru 20.960 dan CPNS sebanyak 80.961.

“Nantinya, pendaftaran CPNS 2021 hanya akan dibuka melalui satu portal saja, yakni Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara atau SSCASN melalui link sscasn.bkn.go.id,” ujar Katmoko di Jakarta.

Katmoko menjelaskan, rekrutmen CPNS terdiri dari tiga tahapan seleksi, yaitu Seleksi Administrasi, Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS yang keduanya akan menggunakan Computer Assisted Test (CAT) BKN.

Sedangkan untuk seleksi CPNS hanya dipersyaratkan bagi WNI dengan batas usia minimal 18 tahun dan maksimal 35 tahun pada saat melamar.

Meski demikian, ada beberapa Jabatan CPNS yang dapat dilamar dengan batas usia paling tinggi 40 tahun saat pelamaran, seperti Dokter dan Dokter Gigi, dengan kualifikasi pendidikan Dokter Spesialis dan Dokter Gigi Spesialis, Dokter Pendidik Klinis, Dosen, Peneliti dan Perekasaya, dengan kualifikasi pendidikan Strata 3 (Doktor).

Selain itu untuk kualifikasi pendidikan, sejumlah instansi menerima peserta pendaftaran CPNS 2021 lulusan SMA/SMK sederajat, Diploma, S1 hingga S2 disesuaikan dengan kebutuhan formasi jabatan di instansi tersebut.

“Kualifikasi pendidikan ini disesuaikan dengan kebutuhan formasi jabatan masing-masing instansi,” papar Katmoko.

Hingga saat ini, dari sejumlah formasi yang sudah dibuka, telah dipastikan bahwa setidaknya terdapat 2 instansi yang menerima peserta pendaftaran CPNS lulusan SMA/SMK sederajat. Satu diantaranya adalah Kementerian Perhubungan (Kemenhub) yang mengumumkan kebutuhan formasi CPNS 2021 sebanyak 2.445 formasi.

Dimana untuk persyaratan pendidikannya yang dibuka mulai dari SLTA atau Sekolah Menangah Atas (SMA) sampai S2. Kemudian, kelengkapan lamaran yang perlu disiapkan di antaranya ijazah, KTP, dan lainnya sesuai persyaratan.

Selain itu ada juga Basarnas yang membuka lowongan CPNS 2021 untuk 27 formasi jabatan. Dari total itu, ada sejumlah formasi jabatan yang menerima CPNS lulusan SMK atau SMA Sederajat seperti Rescuer Pemula, Nakhoda, Mualim, Juru Mudi, Juru Minyak, Masinis, Kelasi, hingga Markonis. Namun, sejumlah formasi ini mewajibkan pelamar memiliki sertifikat khusus.(pc/sars)

Leave a Reply