Prosesi pemakaman mantam Wagubri, almarhum Raja Abdul Rivaie Rachman di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Dharma, Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru.(foto dok media center riau)

PEKANBARU (perepat.com)-Mantan Wakil Gubernur Riau (Wagubri),  almarhum Raja Abdul Rivaie Rachman dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Dharma, Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, Senin (21/6/2021) sekitar pukul 18.00 WIB.

Diketahui, Raja Rivaie Rachman wafat di Jakarta setelah mendapatkan perawatan intensif di salah satu rumah sakit. Sedianya mantan Komisaris Bank Riau Kepri (BRK) tersebut dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Gobah. Namun akhirnya diputuskan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan menjelang magrib.

Dari pantauan di lokasi, terlihat keluarga melepas dengan tangis haru. Raut kesedihan pun kian terasa saat jenazah dimasukan ke liang lahat. Pemakaman almarhum Raja Rivaie Rachman pun berlangsung sederhana dan cepat.

Selain keluarga, terlihat hadir mengantarkan jenazah ke tempat peristirahatan terakhirnya sejumlah pejabat seperti Gubernur Riau, Drs H  Syamsuar MSi, Wakil Gubernur Riau, Brigjen (Purn) Edy Natar Nasution, mantan birokrat Pemprov Riau yang pernah menjadi ajudan Rivaie Rachman,  Zulkarnain Kadir serta sejumlah tokoh dan pejabat lainnya.

H Rivaie Rachman merupakan tokoh Riau asal Indragiri Hulu. Ia merupakan tokoh penting bagi Riau dan Kepulauan Riau. Ia pernah menduduki sejumlah jabatan strategis baik di pemerintahan maupun di politik.

Diantaranya menjadi kepala Bappeda, Sekretaris Daerah Provinsi Riau pada periode pertama Gubernur Soeripto, dan menjadi Wakil Gubernur pada periode kedua Soeripto.

Ia juga merupakan pendiri BPD/Bank Riau Kepri yang belakangan menjabat sebagai Komisaris BRK. Di dunia politik, ia juga pernah menjabat sebagai Ketua DPD Partai Golkar Riau.

Tokoh Besar di Riau

Usai jenazah dimasukan ke liang lahat, pihak keluarga termasuk Gubri dan Wagubri menaburkan bunga ke makam almarhum.

Gubernur Riau (Gubri), Drs H Syamsuar MSi saat mendengar kabar ini, menyatakan duka mendalamnya. Bagi Syamsuar, Rivaie merupakan tokoh besar di Riau yang memiliki kharismatik.

“Ini tidak hanya kabar duka bagi saya. Tapi juga kabar duka bagi masyarakat Provinsi Riau. Beliau seorang tokoh, mantan Wagubri yang punya kharismatik,” ungkap mantan Bupati Siak ini. 

Orang nomor satu di Riau ini pun mengajak kepada masyarakat Riau agar mendoakan yang terbaik untuk almarhum Rivaie.(sars/dan)

Leave a Reply