Suasana rapat Pra Rakerda ICMI Bengkalis di Ruang Video Conference Bappeda Bengkalis.(foto diskominfotik bengkalis)

BENGKALIS (perepat.com)–Pengurus Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) mesti hadir sebagai mitra di tengah masyarakat dan pemerintah. Kontribusinya dapat berupa membina akhlak masyarakat dan membantu menyelesaikan hal-hal mendasar yang dihadapi masyarakat.

Juga misalnya, menyampaikan saran pembangunan pada aspek pendidikan agama dan sosial budaya yang menguntungkan masyarakat kepada Pemerintah. Penegasan ini disampaikan Ketua Dewan Pakar ICMI Organisasi Daerah (Orda) Bengkalis, Tuan Dr Haris Riadi MAg pada pertemuan Pra Rapat Kerja Daerah (Rakerda), Ahad 9 Dzul Qo’idah 442 (20 Juni 2021) di Ruang Video Conference Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda).

“Namun, dituntut pula untuk selalu menjaga integritas dan independensinya,” tukas Tuan Haris yang juga dosen di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Bengkalis itu, menegaskan dan mengingatkan.

Diingatkannya pula, sebagai organisasi yang kepengurusannya para cendekiawan dan intelektual dari berbagai profesi dengan berbagai jabatan, sangat berperan strategis. Semuanya dapat bersama Pemerintah Kabupaten, membangun Bengkalis sebagai Kota Terubuk Negeri Junjungan di tanah Melayu yang adatnya bersendi syarak berlandaskan kitabullah.

“Membangun tanpa mengabaikan nilai-nilai ke-Islam-an dan adat istiadat,” ungkapnya.

Rapat Kerja Daerah

ICMI Orda Bengkalis dilantik pada Rabu 16 Romadhon 1442 (28 April 2021) lalu, di Balai Kerapatan, Wisma Daerah Sri Mahkota. Pelantikan oleh Ketua ICMI Organisasi Wilayah (Orwil) Riau, YBH Prof Dr H Alaiddin Koto, yang disaksikan Bupati Bengkalis, Puan Hj Kasmarini SSos MMP dan juga sejumlah pejabat.

ICMI Orda Bengalis berencana melaksanakan Rakerda, In sya’a Allaah pada akhir Dzul Qo’idah 1442 (Juli 2021) mendatang. Mematangkan agenda acara, maka diadakan rapat Pra Rakerda  hari ini, yang dipimpin Ketuanya, Ustadz Zulfan Ikhram.

Semua divisi diminta menyusun rencana kerja yang akan dibahas dan didiskusikan pada Rakerda. Hadir Ketu Divisi Dakwah, Ustadz H Junaidi, Pendidikan, Ihsan, Cendekiawan Muda,  Junaidi, Iptek dan Kominfo, Syahrial dan Ketua Komisi Hukum, Sopian.

Turut hadir pula Ketua dan Sekretaris ICMI Orda Bengkalis, Rinto dan Khairi Fahrizal, serta Sekretaris Dewan Pakar,  Tuan Adi Sutrisno.(rud)

Leave a Reply