Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Tjahjo Kumolo.

JAKARTA (perepat.com)-Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Tjahjo Kumolo mengatakan pemerintah bakal rapat membahas libur nasional di tengah pandemi covid-19, Jumat (18/6).

“Ada rapat koordinasi di Kementerian Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) RI siang nanti,” kata Tjahjo mengutip dari CNNIndonesia.com.

Namun Tjahjo menegaskan pihaknya tidak akan meniadakan libur. Ia memastikan libur nasional Idul Adha dan Natal 2021 tetap ada.

“Istilahnya bukan peniadaan hari libur. Hari libur masih ada, misalnya Idul Adha dan Natal masih libur. Kan ada Sholat Ied dan pemotongan qurban dan juga pasti ada misa Natal,” paparnya.

Hanya saja, lanjut Tjahjo, ibadah di hari raya harus dilakukan dengan protokol kesehatan. Ia tidak menjelaskan lebih lanjut kemungkinan keputusan yang akan diambil pemerintah terkait libur nasional.

Sebelumnya, Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19, Sonny Harry B Harmadi mengatakan pihaknya tengah mempertimbangkan peniadaan libur panjang di masa pandemi.

Pasalnya, libur panjang kerap kali menyebabkan lonjakan kasus positif covid-19 jika berkaca pada pengalaman yang lalu. Diketahui, saat ini pun kasus positif tengah melonjak di sejumlah daerah pasca libur panjang Idul Fitri 2021.(pc/sars)

Leave a Reply