Piagam penghargaan untuk Ardilo Indragita dari POSI.(foto istimewa)

TELUKKUANTAN (perepat.com)-Seorang guru atau tenaga pendidik dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kuantan Singingi (Kuansing) beserta empat siswanya sukses mengikuti Olimpiade Numerasi dan Literasi Indonesia (ONLI) dan Olimpiade Sains Indonesia (OSI) Sesi 2/ 2021. 

Diberitakan oleh Informasi Masyarakat (Inmas) riau.kemenag.go.id, pada olimpiade yang  diadakan oleh Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia ( POSI ) itu, mereka berhasil memeroleh medali, dan piagam penghargaan yang ditandatangani oleh Direktur POSI, Fahruroji.

Guru pengampu bidang studi matematika MAN 2 Kuansing, Ardilo Indragita SPd berhasil mendapatkan medali emas. Capaian itu, ucapnya akan menjadi penyemangat dirinya untuk membina diri dan para siswanya agar lebih berhasil lagi.

“Ayo …,  kita pacu semangat, dan kita picu diri  mengikuti berbagai kompetisi untuk membahagiakan orangtua, dan membanggakan sekolah kita,“ tukas guru lajang berprestasi itu.

Siswa MAN 2 Kuansing yang berhasil mendapatkan medali, yaitu  Erdnida Maichel (perak) dan Yudi (perunggu) pada ajang ONLI. Iven OSI, Suci mardilasari (perak) kategori  matematika dan Sri Widya Amaliyah (perunggu) bidang studi Kimia.

Semua Jenjang Pendidikan

POSI menyelenggara ONLI Sesi 2/2021 untuk semua jenjang pendidikan. Level 3 khusus jenjang pendidikan Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI). Level 4 jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama/Mdrasah Tsanawiyah (SMP/MTs). Level 5 jenjang pendidikan Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah/Sekolah Menengah Kejuruan (SMA/MA/SMK) dan Mahasiswa. 

Pelaksanaannya ONLI hanya satu tahapan, dengan sistem daring (dalam jaringan) atau online menggunakan system CBT yang disediakan POSI. Sarananya boleh telepon seluler (smartphone) atau menggunakan laptop/PC yang terhubung ke jaringan internet.

Pendaftaran pesertanya telah dilakukan pada Sabtu 26 Romadhon hingga Rabu 14 Syawal 1442 (8–26 Mei 2021) dan konfirmasi pendaftaran, Kamis 15 Syawal 1442 (27 Mei 2021) yang lalu khusus pendaftar berbayar. Pelaksanaannya, Sabtu, 17 Syawal 1442 (29 Mei 2021). Pengumuman nilai dan pemenangnya pada Senin 19 Syawal 1442 (31 Mei 2021) sebagaimana diinformasikan kepada perepat.com hari ini, Kamis 22 Syawal 1442 (3 Juni 2021).

Kompetisi pada ONLI dan OSI itu bertujuan mendorong siswa dan guru tetap berupaya melakukan usaha pendidikan meski pada kondisi pandemi Covid -19. Diupayakan dengan adanya kompetisi berbasis ujian online ini (CBT), para guru, siswa/i dan mahasiswa/i tetap dapat belajar dan berprestasi. 

Harapannya, mereka semua sanggup mempersiapkan diri menuju AKM (Asesmen Kompetensi Minimum). Selain itu, bermanfaat menjadi sarana evaluasi kemampuan bidang yang diminati, pada iven tingkat nasional.(sir/par)

Leave a Reply