Bandar Udara Japura, Inhu bakal kembali melayani penerbangan komersial.

INHU (perepat.com)-Bandar Udara (Bandara) Japura, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) direncanakan dalam waktu dekat segera melayani penerbangan komersial dengan rute Rengat – Batam dan Rengat – Padang serta Rengat – Medan.

“Rencana untuk segera melayani penerbangan komersial di Bandara Japura Rengat ini merupakan tindak lanjut dari hasil rapat Kepala Bandara Japura Rengat dengan Dirjen Perhubungan dan pihak maskapai di Jakarta. Penerbangan komersial ini akan dilakukan pada Senin dan Jumat dengan menggunakan pesawat ATR 72 Wing dan M Air. Namun ini masih dalam tahap draf dan pembicaraan lebih lanjut,” ujar Kepala Tata Usaha (KTU) Bandara Japura Rengat, Timbul Hasadungan.

Penerbangan komersial di Bandara Japura Rengat yang mempunyai landasan pacu sepanjang 1.400 meter ini kembali diupayakan setelah sejak tahun 2019 tidak lagi melayani penerbangan komersial. 

Namun demikian keberadaan Bandara Japura Rengat tidak serta merta berhenti dari kegiatan penerbangan. Selama rentang waktu tidak adanya penerbangan komersial Bandara Japura Rengat justru fokus menjadi flying school (sekolah penerbangan).

“Sebagai Bandara kelas tiga, Bandara Japura memang lebih di orientasikan untuk sekolah penerbangan. Untuk wilayah Sumatera, Bandara Japura inilah satu-satunya bandara yang menjadi sekolah penerbangan. Walau menjadi sekolah penerbangan, Bandara Japura Rengat tetap dapat melayani penerbangan komersial,” ungkapnya.

Guna merealisasikan penerbangan komersial yang sangat dibutuhkan masyarakat, pihak Bandara Japura telah mempersiapkan semua sarana pendukung yang dibutuhkan, baik ruang VIP maupun sarana yang dibutuhkan para penumpang nantinya.

“Semua sarana untuk mendukung pelayanan penerbangan komersial di Bandara Japura telah kami siapkan. Bahkan untuk penerbangan malam hari pun Bandara Japura dinilai mampu. Pasalnya landasan pacu telah dilengkapi dengan lampu sorot,” ungkap Timbul.

Sementara itu Maizar selaku Kanit Avionic Security (Avsec) Bandara Japura menambahkan, kesiapan Bandara Japura dalam melayani penerbangan komersial juga didukung dari segi keamanan. Dimana sebanyak 14 orang personil Avsec yang bersertifikat sesuai kemampuan dibidang keamanan bandara telah siap melakukan pengamanan terhadap penumpang dan barang di Bandara Japura.

“Dengan tenaga berpengalaman dan bersertifikat personil Avsec Bandara Japupa ini akan memberikan rasa aman dan nyaman bagi penumpang, baik dari ruang tunggu hingga sampai ke kabin pesawat. Untuk itu kami juga sudah dilengkapi dengan peralatan detektor Bandara dan detektor cabin serta peralatan pendukung lainya,” beber Maizar.(sars/pc)

  • Sumber : riauterkini.com

Leave a Reply