KPU Rohul menetapkan Sukiman-Indra Gunawan sebagai pemenang Pilkada Rohul.

ROHUL (perepat.com)-Setelah melalui rangkaian panjang dan gugatan berjilid-jilid, pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Rokan Hulu (Rohul) nomor urut 2,  H Sukiman dan H Indra Gunawan resmi ditetapkan sebagai pasangan bupati dan wakil bupati terpilih.

Sukiman- Indra Gunawan ditetapkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Rohul terpilih pada pleno terbuka yang digelar KPU Kabupaten Rokan Hulu di Covention Hall Masjid Agung Islamic Center Rohul, Senin (31/5/2021).

Rapat pleno tersebut berlangsung hikmat meskipun tidak dihadiri oleh 2 pasangan calon lain masing-masing pasangan calon nomor urut 1 Hamulian Syahril Topan dan pasangan calon nomor urut 3 Hafith Syukri-Erizal.

Hadir dalam rapat pleno terbuka ini Plh Bupati Rokan Hulu Abdul Haris, Kapolres Rokan Hulu AKBD Taufik Lukman Nurhidayat, Dandim 0313 KPR Letkol Inf Leo Octavianus Sinaga, Komisioner KPU Riau Joni Suhaidi serta jajaran Komisioner KPU dan Bawaslu Rokan Hulu.

Pada rapat pleno ini, Ketua KPU Rokan Hulu membacakan Berita acara KPU Nomor 50/PL.02-7-BA/1406/KPU-KAB/V/2021 Tentang Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih dalam Pemilihan Bupati Rokan Hulu 2020, dilanjutkan dengan membacakan Surat Keputusan KPU Rohul Nomor 62/ PL.02.7.KPT/1406/KPU-KAB/V/2021 Tentang Penetapan Paslon Terpilih dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Rohul 2020.

“Menetapkan pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Rokan Hulu Nomor Urut 2 Sukiman-Indra Gunawan dengan perolehan suara sebanyak 91.806 suara atau 39,68 persen dari total 231.383 suara sah sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Rohul terpilih dalam Pilkada Rohul 2020,” ujar  Elfendri sambil mengetuk palu sidang.

Usai pelaksanaan Rapat Pleno tersebut, Ketua KPU Rokan Hulu Elfendri menyatakan tahapan penetapan Bupati dan Wakil Bupati terpilih ini merupakan tahapan akhir dari tahapan Pilkada Rokan Hulu.

“Setelah ini maka tahapan selanjutnya ada di DPRD dan Mendagri yang akan menerbitkan SK pelantikan,” ujarnya.

Sementara itu, Calon Bupati terpilih Sukiman menyatakan kemenangan dirinya pada pilkada Rokan Hulu adalah kemenangan seluruh masyarakat Rokan Hulu. Dia mengajak seluruh elemen melupakan dinamika yang terjadi selama pelaksanaan Pilkada.

“Inilah demokrasi, mari bersama-sama kita membangun Rokan Hulu dengan penuh perbedaan yang kita ramu menjadi sebuah kekuatan yang utuh,” imbau Sukiman.

Sukiman-Indra Gunawan yang diusung 5 parpol masing-masing Gerindra, PDIP, Demokrat, Nasdem, PKS dan Hanura ini menyikapi 2 kali gugatan hasil Pilkada di MK sebagai sebuah dinamika politik yang menunjukan kedewasaan politik masyarakat Rokan Hulu. Meskipun sebagai calon dirinya merasakan lelah menghadapi gugatan tersebut namun ia menganggap hal ini sebagai dinamika politik yang harus dihadapi dan dihargai.

“Ibarat bertanding tinju ada 15 ronde selesai ada yang KO ada yang menang angka, ini tambah 5 ronde lagi capek memang, tapi ini tentunya menjadi penegasan bahwa ini kemenangan rakyat, dan alhamdulilah, masyarakat Rohul sudah dewasa dalam berpolitik, meskipun dinamis namun tidak sampai berdarah-darah dan penyalurannya pada jalur yang tepat,” pungkas Sukiman.(pc)

Leave a Reply