PEKANBARU (perepat.com)-Gubernur Riau (Gubri), Drs H Syamsuar MSi meminta agar seluruh Puskesmas di kabupaten/kota untuk tetap dibuka, dalam upaya melayani masyarakat di saat pandemi COVID-19.

Hal ini ditegaskan Gubri, karena berdasarkan pengecekan di lapangan ada beberapa Puskesmas yang tutup dan tidak melayani masyarakat. Padahal, di saat pandemi COVID-19 ini, pelayanan fasilitas kesehatan (Faskes) tidak dibenarkan tutup.

“Seperti kemarin itu, ada Puskesmas yang kita temukan tutup. Harapan saya. di masa pandemi COVID-19 ini, semua fasilitas kesehatan termasuk Puskesmas kiranya dapat dibuka,” tegas Syamsuar, Kamis (27/5/2021).

Syamsuae menambahkan, terkait kurangnya tenaga kesahatan (Nakes) di Puskesmas itu, diharapkan untuk tetap memaksimalkan yang ada. Tentunya dengan membagi waktu kerja atau shift bergantian bagi Nakes. Sehingga mereka tidak merasa kecapaian.

Gubri juga mengemukakan jika pihaknya akan memfokuskan RS Petala Bumi salah satu rumah sakit yang khusus menangani pasien COVID-19. Pihaknya juga telah menambah fasilitas dan kapasitas tempat tidur bagi pasien Covid-19 di RS Petala Bumi.

Selain itu lanjut Gubri, RSUD Arifin Achmad juga ditambah kapasitasnya, termasuk Rumah Sakit Universitas Riau (UNRI). Untuk RS UNRI telah siap menyediakan 100 tempat tidur, termasuk Ruang ICU.

“Semua ini adalah upaya kami untuk memberikan pelayanan bagi pasien COVID-19 yang memang semakin tinggi jumlahnya. Semua fasilitas akan kita tambah di rumah sakit tersebut,” papar orang nomor satu di Bumi Lancang Kuning itu.(dan/mc)

  • Penulis : Hamdani
  • Editor : SARS

Leave a Reply