DUMAI (perepat.com)-Dalam rangka menjauhkan musibah di Kota Dumai,  terutama bencana banjir dan penyebaran Covid-19, Walikota Dumai mengeluarkan Imbauan Nomor 450 Tanggal 18 Mei 2021 tentang Imbauan Pelaksanaan Sholat Berjamaah.

Walikota Dumai, H Paisal SKM MARS mengatakan, imbauan tersebut sebagai usaha untuk menarik turunnya rahmat Allah SWT dan ikhtiar masyarakat Kota Dumai dari keadaan buruk yang akan terjadi.

“Semoga Allah SWT, Tuhan sebaik-baik penjaga dan pemelihara senantiasa melindungi masyarakat Kota Dumai,” kata Paisal.

Melalui surat imbauan tersebut, diimbau kepada masyarakat Dumai khususnya yang beragama Islam untuk melaksanakan sholat berjamaah.

Ada tiga poin yang tertulis dalam imbauan tersebut, pertama mengajak seluruh umat Islam di lingkungan kerja dan masyarakat di wilayah kerja masing-masing untuk menghentikan sementara seluruh kegiatan pada saat adzan berkumandang dan bersama-sama melaksanakan sholat fardhu secara berjamaah di masjid/musala terdekat. Sholat berjamaah dilaksanakan dengan Protokol Kesehatan.

Kedua, khusus yang memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat agar mengatur jadwal (shift) pegawai agar pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan dengan baik.

Ketiga, kepada Camat dan Lurah agar menyosialisasikan imbauan ini kepada masyarakat melalui RT setempat.

Diberitakan sebelumnya, akibat curah hujan yang tinggi hingga meluapnya Sungai Dumai akibat air pasang mengakibatkan ribuan masyarakat yang tinggal di Kelurahan Bumi Ayu dan Bukit Datuk Kecamatan Dumai Selatan serta warga yang tinggal di Kelurahan Sukajadi Kecamatan Dumai Kota terdampak oleh banjir.

Selain menggenangi jalan, banjir juga menggenangi rumah warga, sehingga tidak sedikit warga yang harus tinggal di tenda pengungsian.

Tak hany bencana banjir, jumlah kasus Covid-19 di Dumai juga terus bertambah.Total akumulasi kasus Covid-19 di Dumai hingga Selasa (18/5/2021) sebanyak 4.935 kasus positif dengan rincian 4.274 orang sembuh, 623 orang dalam perawatan (497 orang isolasi mandiri, 75 orang rawat di RS), dan 89 orang meninggal dunia.(pc/rls)

Leave a Reply