Harga sejumlah kebutuhan dapur mengalami kenaikan jelang Idul Fitri.

PEKANBARU (perepat.com)-Seakan sudah menjadi tradisi pasaran saban tahun. Jelang Idul Fitri, berbagai barang kebutuhan dapur mengalami kenaikan harga dari biasanya.

Pantauan perepat.com di sejumlah pasar Kota Pekanbaru, bukan saja harga daging sapi dan daging ayam saja yang mengalami kenaikan harga, harga cabai, bawang hingga sayuran pun mengalami kenaikan harga yang sangat signifikan.

“Biasalah kak. Mau lebaran. Harga barang pasti naik. Ini aja wortel yang biasa Rp6.000/kg, sekarang naik Rp15.000/kg,” ujar Ujang pedagang sayur di Pasar Pagi Arengka.

Tak hanya wortel, harga buncis pun mengalami kenaikan yang cukup drastis. Dari biasanya Rp10.000/kg, kini merangkak hingga Rp20.000/kg.

“Harga cabai juga mengalami kenaikan namun tidak terlalu signifikan. Untuk harga cabai merah kini Rp41.000/kg. Ada kenaikan Rp1.000. Kemudian untuk harga cabai rawit masih terpantau stabil yakni Rp36.000/kg,” tambah Ujang.

Sementara itu, harga bawang merah dan bawang putih pun terpantau naik di Pasar Kodim. Meski tidak terlalu signifikan, tetapi kenaikan harga ini tetap dikeluhkan konsumen.

“Naik harga bawang kak. Biasa bawang merah Rp30.000/kg, sekarang jadi Rp33.000/kg. Sedangkan bawang putih biasa Rp29.000/kg naik jadi Rp34.000/kg,” keluh Rita salah seorang konsumen di Pasar Kodim.

Menanggapi keluhan konsumen, Surya pedagang sayuran dan bawang di Pasar Kodim menyebutkan kenaikan harga ini bukan dinaikkan begitu saja oleh para pedagang. Tapi karena memang dari pemasok yang menaikkan harga.

“Harga dari pemasok yang naik. Makanya kami sebagai penjual juga menaikkan harga. Karena modalnya juga naik,” terang Surya.

Ia pun berharap, jika memang harga kebutuhan pokok naik, tapi jangan sampai terlalu tinggi. 

“Kasihan jugalah untuk pembeli. Kami pun kalau harganya naik kali, takut juga dagangan kami nggak laku,” tukasnya.(nur/ori)

  • Penulis : Nuri & Ori
  • Editor : SARS

Leave a Reply