Ilustrasi pemantauan hilal 1 Syawal.

JAKARTA (perepat.com)-Kementerian Agama (Kemenag) RI akan kembali menggelar sidang isbat untuk penetapan awal bulan Syawal 1442 Hijriyah di Kantor Kementerian Agama pada Selasa, 11 Mei 2021 atau hari ke-29 Ramadhan 1442 Hijriyah.

“Pada 29 Ramadhan bertepatan hari Selasa, 11 Mei 2021, Kementerian Agama akan kembali melaksanakan sidang isbat yang terdiri dari tiga rangkaian acara,” kata Direktur Jenderal Bimas Islam, Kamaruddin Amin, dikutip dari situs Kementerian Agama pada Selasa, 11 Mei 2021.

Kamaruddin mengatakan rangkaian sidang isbat diawali dengan pemaparan posisi hilal yang disampaikan oleh Anggota Tim Falakiyah Kementerian Agama, Cecep Nurwendaya.

“Diikuti secara luas melalui live streaming Kementerian Agama dan mengundang anggota DPR, ormas-ormas Islam, MUI, duta besar dengan tetap memperhatikan protokol COVID-19,” paparnya.

Setelah paparan dilakukan dan mendapatkan informasi tentang posisi hilal. Maka, kegiatan dilanjutkan dengan sidang isbat yang dipimpin oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas alias Gus Yaqut.

“Insya Allah, sidang isbat setelah Sholat Magrib dipimpin oleh Menteri Agama bersama ormas lain, MUI, Komisi VIII DPR yang dilaksanakan secara tertutup dan terbuka,” ucap Kamaruddin.

Setelah itu, lanjut dia, diambil keputusan terkait awal bulan Syawal 1442 Hijriyah. Setelah ada keputusan, Menteri Agama akan menyampaikan kepada publik usai Sholat Isya.

“Kita berdoa semoga semua berjalan lancar. Insya Allah kita melaksanakan Idul Fitri 1442 Hijriyah setelah mendapatkan informasi dan keputusan dari pemerintah,” tuturnya.(pc/sap/din)

Leave a Reply