Masjid Cologne di Jerman, merupakan salah satu masjid terbesar di Eropa.

BERLIN (perepat.com)-Pertumbuhan jumlah umat Islam di Jerman cukup tinggi beberapa tahun belakangan. Dalam lima tahun terakhir jumlah Muslim di Jerman bertambah lebih 1 juta orang.

Dikutip dari Republika.co.id, data tersebut merupakan hasil sebuah penelitian tentang populasi Muslim di Jerman baru-baru ini. Kini, lebih dari 5 juta Muslim tinggal di Jerman. 

Menurut Kantor Federal untuk Migrasi dan Pengungsi (BAMF), saat ini jumlah Muslim di Jerman berada di antara 5,3 hingga 5,6 juta. Ini sesuai dengan proporsi populasi antara 6,4 dan 6,7 persen. Muslim asal Turki masih merupakan kelompok terbesar di Jerman. 

Peningkatan ini diperkirakan terjadi karena masuknya Muslim secara signifikan dari negara-negara sekitar Eropa dan Timur Tengah, yang telah meningkat pada tingkat di atas rata-rata selama enam tahun terakhir.

”1,5 juta orang dari negara-negara Arab sekarang tinggal di Jerman,” tulis survei itu yang dikutip Republika.co.id.

Penelitian itu menjelaskan, bahwa dari sekitar 5 juta populasi, 82 persen di antaranya memiliki latar belakang migrasi dari negara mayoritas Muslim. Berdasarkan level religiusitas, ditemukan bahwa lebih dari dua pertiga mereka mematuhi peraturan diet khusus, halal dan haram, dan hampir 40 persen mereka rajin beribadah, wanita cenderung lebih religius dibanding pria. 

Penelitian ini menyertakan lebih dari 4.500 wawancara dengan orang-orang dari negara asal mayoritas Muslim. Ini menjadikannya studi perwakilan nasional terluas tentang kehidupan Muslim di Jerman.***

Leave a Reply