Dekan FIB Unilak, Hang Kafrawi bersama mahasiswa Unilak yang lulus program hibah kewirausahaan.

PEKANBARU (perepat.com)-Tim mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Lancang Kuning (Unilak) yang beranggotakan Lola Reza Anjelina (ketua), bersama anggota Nordiansya Albab dan Nurhayati menjuarai kompetisi dana hibah Program Mahasiswa Wirausaha Indonesia (KBMI) di ajang tersebut Menteri Pendidikan. 

Pengumuman kelulusan tim mahasiswa FIB Unilak tersebut berdasarkan surat pengumuman tertanggal 2 Mei yang ditandatangani oleh Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Aris Junaidi. Dalam pengumuman tersebut, terdapat 537 perguruan tinggi di Indonesia yang lolos program KBMI. 

Keberhasilan mahasiswa Unilak mengulang prestasi yang sama di tahun 2020. Dalam program BMI, tim FIB Unilak mengajukan judul proposal “Tanjak Wak”: Konveksi Industri Kreatif Memilah Sampah Tanjak dan Baju Melayu Mencerminkan Busana Layu Karakter di Pekanbaru. 

Lola Reza Anjelina, Ketua Tim Mahasiswa FIB Unilak, mengatakan ide awalnya adalah banyaknya sisa kain konveksi/kain tambal sulam yang ditemukan dan tidak terpakai, kemudian dimodifikasi menjadi kreasi ramp.

“Tanjakan ini kami buat. Sisanya kami kombinasikan dengan fashion sehingga menghasilkan tanjakan yang tidak terlalu berat, informal. Kami tambahkan desain yang modern, dan semua kalangan bisa memakainya,” ucapnya.

Lola menjelaskan bahwa dia tidak berpikir dia bisa memberikan hibah itu. Alhamdulillah alhamdulillah terima kasih atas dukungannya ibu nabella sangat membantu untuk perbaikan proposalnya.

Ditambahkan Lola Tanjak membuat beberapa model, diantaranya kami kombinasikan dengan kain songket berbagai warna sesuai model warnanya, kemudian kami kombinasikan dengan warna kain dasar.

Sementara itu Pembantu Rektor III Unilak Dr Bagio Kadaryanto menyampaikan apresiasinya atas prestasi mahasiswa FIB. Dikatakannya, kepergian mahasiswa FIB tidak lepas dari peran ketua P2K2 Unilak, almarhum Nabella Puspa Rani dalam mempersiapkan, membantu dan membimbing. 

“Ia sangat peduli dan memiliki komitmen yang besar agar mahasiswa Unilak bisa lulus hibah KBMI dan tahun ini sukses, serta tahun kedua berturut-turut,” ungkapnya. 

Bagio memaparkan dengan raihan lolos hibah ini, semoga mahasiswa Unilak lainnya termotivasi untuk bisa berprestasi di kompetisi yang ada. 

“Unilak mendorong dan mendukung program kewirausahaan sejak mahasiswa dengan memberikan pelatihan dan pendampingan, sehingga bagi adik-adik yang baru lulus SMA yang ingin membangun kewirausahaan bisa memilih Unilak sebagai tempat kuliah,” tukasnya.(sars/mc)

Leave a Reply