Kunjungan Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Binalatas) Kemenaker RI Budi Hartawan ke BLK Dumai, beberapa waktu lalu.(foto pemko dumai).

PEKANBARU (perepat.com)-Gubernur Riau (Gubri), Drs H Syamsuar MSi mengatakan, Balai Latihan Kerja (BLK) Dumai nantinya akan siapkan sebagai tempat pelatihan tenaga kerja migran.

“Di Riau banyak tenaga migran. Ada di Malaysia, Singapura dan lainnya,” ujar Syamsuar.

Kendati begitu, Syamsuar menyayangkan karena tidak semua pekerja memiliki keterampilan mumpuni.

“Kita belajar dari pengalaman tahun lalu saat menyambut kepulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari Malaysia di Pelabuhan Dumai. Kasihan kita upah mereka kecil, karena mereka banyak tidak memiliki keterampilan,” terangnya.

Persoalan lain sebagian dari migran ada yang harus balek (pulang, red) setiap bulan untuk cap paspor. Padahal kita tahu upahnya tidak seberapa. Ini terjadi karena mereka tak punya skil yang dibutuhkan dunia usaha di Malaysia

“Nah untuk itu kita (Pemprov Riau, red) akan mempersiapkan tempat yang nantinya disana mereka akan diberikan ketererampilan. Sehingga mereka bisa memiliki skil kerja yang dibutuhkan. Tentunya dengan skil yang ada akan mempengaruhi pendapatan mereka pekerja migran,” ucap Syamsuar.(dan)

  • Penulis : Hamdani
  • Editor : SARS

Leave a Reply