BBPOM Pekanbaru uji sampel sejumlah takjil di Kepulauan Meranti.(foto istimewa)

MERANTI (perepat.com)-Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Pekanbaru telah melakukan pengujian terhadap makanan berbuka atau yang biasa disebut Takjil di sepanjang jalan Ahmad Yani, Selatpanjang, Kepulauan Meranti, beberapa waktu lalu.

Dalam melakukan pemeriksaan Takjil Ramadan 2021, BBPOM Pekanbaru juga berkoordinasi dan didampingi pihak Dinas Kesehatan dan Dinas Perdagangan Perindustrian dan Koperasi dan UKM Kepulauan Meranti.

Sub Koordinator, Sub Kelompok Substansi Sertifikasi BBPOM Pekanbaru, Yustinawati mengungkapkan, selain melakukan pengujian terhadap pangan dan Takjil di beberapa tempat, juga dilakukan pengawasan sarana distribusi terkait bahan pangan olahannya.

“Dari sejumlah sampel makanan dan minuman yang diambil untuk diuji tersebut mereka menguji 4 bahan berbahaya diantaranya Rhodamin B, Metanil Yellow (pewarna), Formalin dan Boraks,” ujar Yustina.

Selama inspeksi, lanjut Yustina, pihaknya mengambil sebanyak 20 sampel makanan untuk diuji. Dimana dari keseluruhan sampel tersebut mereka tidak menemukan zat berbahaya.

“Alhamdulilah dari 20 sampel yang sudah kita uji semuanya negatif dari bahan berbahaya,” beber Yustina.(pc/grc)

Leave a Reply