Ilustrasi PJU Tenaga Surya

PEKANBARU (perepat.com)-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mendapatkan dana hibah berupa Lampu Penerang Jalan Umum (PJU) Tenaga Surya dari Yayasan Badan Kongres Internasional Forum Budaya Dan Warisan Dunia (LPP-BIFBWD).

Dewan pengawas LPP-BIFBWD, Agus Sudarmawan menyebutkan, setakat ini ada lima daerah di Riau yang mengajukan untuk menerima PJU Tenaga Surya, yaitu Kabupaten Bengkalis, Kampar, Rohul, Rohil dan Siak.

“Jumlah titik pemasangan ada 1.000 per kabupaten. Tapi kami memberikan target 5.000 ribu titik per kabupaten. Semoga bisa terlaksana dan terealisasi dengan cepat dan Gubernur Riau mengeluarkan surat arahan untuk pelaksanakan PJU Tenaga Surya ini,” ujar Agus.

Penyerahan hibah 5.000 unit PJUTS tersebut tertuang dalam surat Kontrak dengan nomor: C.221/SPKK-PJU-KP/BIFBWD-GGR/II/2021 yang ditujukan kepada PT Gandi Galaxy Rohil, Selaku Direktur Jrf Gandi dan ditandatangani Ketua Umum BIFBWD KP Citropanuwun Al Abdulsalam Aziz.

“Selain Riau kita juga sudah menjangkau 12 provinsi yang sudah mendaftar ke kita. Tapi yang jelas bantuan ini kita berikan pada daerah yang belum terjangkau,” ungkapnya

Untuk pemasangan, Agus mengatakan secepatnya apabila admistrasi dari Pemprov Riau sudah selesai. Karena pihaknya akan bekerja apabila admistrasi dan aturan hukum sudah ada.

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) ESDM Pemprov Riau, Indra Agus Lukman menyambut baik adanya bantuan hibah ini. Pemrov Riau dalam hal ini akan memfasilitasi syarat administrasinya.

“Harapan kita adanya bantuan hibah ini bisa terbantu dan juga termanfaatkan potensi kita yang ada. Kalau bisa merek PJU Tenaga Surya itu Riau nantinya,” terang Indra.(dan/sars)

Leave a Reply