Gubernur Riau (Gubri), Drs H Syamsuar MSi.

PEKANBARU (perepat.com)-Gubernur Riau (Gubri), Drs H Syamsuar MSi meminta agar bank-bank yang ada di Riau dapat memberikan kemudahan dalam mengajukan pinjaman kredit kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Sekarang ada kebijakan pemerintah yang memberikan kemudahan untuk urusan pinjaman kepada masyarakat/UMKM sampai  Rp100 juta tidak ada anggunan,” ujar Syamsuar.

Tak hanya itu, orang nomor satu di Bumi Lancang Kuning itu juga mengajak agar bank yang ada di Riau untuk proaktif agar bisa mengurangi rentenir.

“Kita kan sudah ada program Kredit Riau Melawan Rentenir atau Kredit Pembiayaan Melawan Rentenir (KPMR). Alhamdulillah, BRI mendukung program ini. Tapi harapan saya juga bukan hanya Bank BRI, tapi juga bank lain, termasuk bank daerah sendiri harus proaktif agar nanti rentenir ini bisa berkurang,” pinta Syamsuar.

Diakui Datuk Seri Setia Amanah, di Riau ini banyak rentenir yang memberikan pinjaman kepada masyarakat. Tentunya dengan bungan yang besar. Hal itu jelas menyusahkan dan memberatkan masyarakat.

“Kita tahu bahwa di daerah kita ini banyak rentenir yang memanfaatkan kredit-kredit kepada masyarakat yang ada di daerah kita ini, baik petani, pedagang, dan lain-lainnya, termasuk usaha kecil dan usaha mikro,” paparnya.

Nah, program Kredit Riau Melawan Rentenir ini, lanjut Gubri, adalah upaya pemerintah untuk mensejahterakan masyarakat. Upaya untuk menggerakkan ekonomi yang ada di daerah. Sekaligus juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

“Harapan kita tentu rentenir berkurang di Riau. Karena rentenir itu jelas bunganya besar sekali. Mereka memberikan kemudahan-kemudahan, kenapa kita tidak bisa. Harusnya kita bisa juga, apalagi semua fasilitas kita punya,” tukas politisi Golkar tersebut.(ori)

  • Penulis : Ori
  • Editor : SARS

Leave a Reply