Gubernur Riau Syamsuar foto bersama penerima Kredit Riau Melawan Rentenir atau Kredit Pembiayaan Melawan Rentenir (KPMR), di Gedung Daerah Balai Serindit.

PEKANBARU (perepat.com)-Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Riau, Yusri mengatakan peluncuran program Riau Credit Against Moneylender atau KPMR merupakan inisiatif bersama dalam memerangi rentenir di Provinsi Riau.

Yusri mengatakan, setiap daerah di Riau akan menerapkan KPMR. Karena menurutnya rentenir ini ada di setiap daerah di Riau.

“Saya sudah keliling Riau, ada rentenir di mana-mana. Ini upaya kita bersama bagaimana melawan rentenir,” ujarnya usai meluncurkan program Riau Credit Against Moneylenders di Gedung Kabupaten Balai Serindit, Rabu (28/4/21).

Dijelaskannya, pihak pemberi pinjaman melakukan proses peminjaman dengan sangat cepat, sehingga program Riau Credit Against Lenders juga akan diproses dengan cepat dan bisa jadi jika kelak dokumennya lengkap bisa selesai.

Kepala OJK Riau mengatakan, keberadaan program ini juga merupakan upaya bersama agar kebutuhan dana masyarakat dapat terpenuhi secepatnya.

“Alhamdulillah BRI mendukung program ini, sebelumnya Gubernur Riau juga berharap bank lain juga ikut berpartisipasi,” ujarnya.

Yusri menuturkan, jika perkembangan kredit terus tumbuh lambat, maka pemberi pinjaman akan tersingkir dan tereliminasi karena perbankan ini telah masuk ke dalam masyarakat, pasar dan agen penjual yang cerdas di daerah tersebut.

“Target kita semua desa di Riau ada agen penjualan pintar asal infrastruktur mendukung artinya jaringan, kalau tidak ada jaringan jadi masalah,” ujarnya.

Ia menambahkan, saat ini sudah ada agen penjual pintar di desa dan bahkan setiap bank juga memiliki agen penjual pintar di daerahnya.

“Ini ide kami bagaimana membantu masyarakat, kami mengajak perbankan yang hadir untuk merespon program ini dengan target seoptimal mungkin,” ucapnya.(sars)

Leave a Reply