PEKANBARU (perepat.com)-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau meminta Dinas Pendidikan (Disdik) kabupaten/kota se-Riau untuk segera menyiapkan data guru bantu. Data tersebut nantinya digunakan untuk mentransfer bantuan keuangan (Bankeu) bidang pendidikan, khususnya gaji guru bantu kabupaten/kota. 

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Masrul Kasmy menerangkan, karena persoalan data tersebut hingga saat ini Pemprov Riau belum bisa menyalurkan bankeu pendidikan untuk gaji guru bantu itu. 

“Bankeu itu keinginan Pemprov Riau yang ingin membantu gaji guru bantu. Namun kita butuh data kepastian jumlah guru bantu, kemudian nanti kita verifikasi baru bisa didistribusikan,” ujar Masrul.

Namun karena persoalannya data dari kabupaten/kota belum ada diterima Pemprov Riau, lanjut Masrul, pihaknya belum bisa mentransfer bankeu tersebut. Karena transfer bankeu itu sangat bersyarat dengan data keabsahan guru-guru bantu. 

“Memang masalah data ini menjadi kelemahan dalam mendistribusikan bankeu pendidikan. Kami berharap dinas pendidikan kabupaten/kota segera menyiapkan data. Jangan sampai nanti setelah diujung-ujung disalahkan pemerintah provinsi. Padahal untuk transfer bankeu itu kita butuh data yang harus disiapkan kabupaten/kota,” ucap Masrul.(dan)

  • Penulis : Hamdani
  • Editor : SARS

Leave a Reply