PEKANBARU (perepat.com)-Upaya  percepatan konversi dari Bank Umum Konvensional menjadi Bank Umum Syariah, jajaran Direksi Bank Riau Kepri menggelar audiensi bersama Wakil Presiden (Wapres) RI KH. Ma’ruf Amin secara virtual, kemarin.

Dalam audiensi virtual tersebut Direktur Utama Bank Riau Kepri, Andi Buchari memaparkan kinerja Bank Riau Kepri tahun 2020 yang sangat membanggakan. Dimana secara umum Kinerja Bank Riau Kepri di atas rata-rata bank umum dan BPD lainnya. 

Sementara itu, kinerja Unit Usaha Syariah (UUS) Bank Riau Kepri lebih baik dari kinerja BRK secara konsolidasi dan di atas rata-rata pertumbuhan UUS secara nasional.

“Aset Bank Riau Kepri sudah Rp30 triliun. Dengan asset ini Insya Allah dengan kita berkonversi menjadi Bank Umum Syariah sepenuhnya. Kita langsung menjadi bank Syariah terbesar ketiga di Indonesia” ungkap Andi.

Pada kesempatan tersebut juga, Andi melaporkan kepada Wapres terkait perkembangan dan progres konversi Bank Riau Kepri Syariah yang sudah hampir rampung dan akan dilanjutkan submit ke OJK.

Lebih lanjut Andi meminta dukungan dan doa kepada KH Ma’ruf Amin agar konversi Bank Riau Kepri dapat berjalan lancar dan Bank Riau Kepri dapat meningkatkan kinerja dan layanan kepada masyarakat khususnya di Provinsi Riau dan Kepulauan Riau. Sehingga Bank Riau Kepri dapat berkontribusi untuk kemajuan ekonomi Syariah di Indonesia, khususnya di wilayah Riau dan Kepulauan Riau.

Menanggapi hal itu, Wapres RI, KH Ma’aruf Amin sangat mendukung penuh proses konversi Bank Riau Kepri menjadi Syariah dan berharap dapat direalisasikan segera.

“Saya juga berharap, Bank Riau Kepri ini tidak lama lagi (Konversi) saya berharap cepat. Nanti akan saya komunikasi dengan pihak OJK untuk dipercepat prosesnya,” ujar KH Ma’ruf Amin.

Ma’aruf Amin berharap Bank Riau Kepri menjadi kanal pengembangan keuangan Syariah. Terutama zakat dan wakaf.(pc/sars)

Leave a Reply