Kapolres Inhu AKBP Efrizal SIK, meninjau ruang pelayanan SKCK.

PEMATANG REBA (perepat.com)-Memaksimalkan pelayanan terhadap masyarakat sudah pasti menjadi komitmen Kepolisian Republik Indonesia (Polri). Bahkan menjadi program prioritas bagi Polri. Apalagi sejak Kapolri dijabat oleh Jenderal Polisi Drs Listyo Sigit Prabowo MSi.

Begitu juga dengan Polres Inhu yang setiap hari terus berinovasi dalam mengoptimalkan pelayanan terhadap masyarakat. Salah satunya dengan menerapkan sistem pelayanan satu atap yang sudah mulai berjalan dan mulai dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Untuk saat ini, ada beberapa jenis pelayanan yang sudah kita padukan pada satu atap, jadi masyarakat tidak harus bolak-balik dan keluar masuk ruang pelayanan izin, cukup satu atap dan satu pintu,” kata Kapolres Inhu AKBP Efrizal SIK.

Dijelaskan Kapolres, jenis pelayanan satu atap yang sudah dilayani itu adalah, pembuatan laporan dan pengaduan di sentra pelayanan (SKPT), pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan beberapa pelayanan Kepolisian lainnya.

”Sejauh ini Polres Inhu sudah banyak melakukan perubahan dalam bidang pelayanan publik termasuk memberikan pelayanan satu atap kepada masyarakat dalam rangka mewujudkan pelayan prima kepada masyarakat,” tambahnya.

Tak hanya itu, sarana dan prasarana pelayanan juga terus diperbaiki dan ditambah seperti ruangan ibu meyusui, pelayanan bagi penyandang disabilitas pemberian minuman gratis, ruang baca dan ruangan yang lebih nyaman dan asri bagi masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan di Polres Inhu.

Masyarakat juga dapat memberikan penilaian dengan Indek Kepuasan Masyarakat (IKM) yang sudah disediakan ditempat pelayanan, tujuannya adalah untuk mengetahui seberapa jauh masyarakat menilai tentang kinerja Polres Inhu dan berdasarkan itu pula Polres Inhu terus berbenah baik dalam segi sarana prasarana maupun dengan personel atau petugas yang memberikan pelayanan.

“Kami berhararap seluruh lapisan masyarakat Inhu mendapatkan pelayanan terbaik dari kami dan menjadikan kami Polri yang prediktif, responsif, transparan dan berkeadilan (Presisi),” tutur  AKBP Efrizal.(nur/rom)

  • Penulis : Nuri, Romi
  • Editor : SARS

Leave a Reply