Salah satu sunnah nabi sebelum berbuka adalah tadarus Alquran.

perepat.com–Apa yang biasa anda lakukan jelang berbuka puasa? Mencari jajanan/takjil, ngabuburit, tidur, olahraga bermain game atau tidak ada yang dilakukan sekali. Daripada mengerjakan hal yang sia-sia yuk lakukan amalan sunnah sebelum buka puasa.

Sore hari di Bulan Ramadan adalah saatnya umat muslim menantikan waktu berbuka puasa. Di Indonesia, kita mengenalnya dengan istilah ngabuburit yaitu mengisi waktu jelang berbuka dengan berbagai kegiatan. Alih-alih menghabiskan waktu ngabuburit dengan hal yang sia-sia, lebih baik kita mengisinya dengan amalan sunah sebelum buka puasa. 

Selain menyiapkan hidangan untuk berbuka, ada baiknya kita juga melakukan amalan-amalan yang bernilai pahala seperti yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Berikut perepat.com sampaikan 6 amalan sunnah yang diajarkan Rasulullah SAW. Semua telah kami sebelum rangkum untuk saudara semua. Yuk mari kita simak:

1. Berdoa Memohon Kebaikan

Di kala senja di bulan Ramadhan selalu memiliki arti spesial nan istimewa bagi orang yang berpuasa. Pasalnya selain menanti berbuka puasa, waktu tersebut adalah waktu mustajab atau saat-saat dikabulkannya doa. Untuk itu, jangan sia-siakan kesempatan ini berdoa bermunajat kepada Allah SWT.

Nabi Muhammad SAW bersabda: “Ada tiga orang yang doanya tidak tertolak,  yakni pemimpin yang adil, orang yang berpuasa ketika dia berbuka dan orang yang terdzalimi.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah)

2. Memperbanyak Berzikir

Zikir adalah amalan yang sederhana dan mudah namun memiliki keutamaan yang agung dan balasan yang sangat besar. Oleh sebab itu, saat ada waktu luang sambil menunggu adzan Magrib, sebaiknya digunakan untuk berzikir.

Allah berfirman: “Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah (dengan menyebut nama Allah), zikir yang sebanyak-banyaknya.”(QS Al-Ahzab ayat 41).

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tenteram.”(QS Ar-Ra’du ayat 28).

3.Tadarus atau Membaca Alquran

Selain berdoa dan berzikir, umat Islam juga dianjurkan untuk mengisi waktu jelas berbuka dengan membaca Alqur’an (tadarus). Dalam Buku Saku Sukses Ibadah Ramadhan terbitan Pengurus Pusat Lajnah Ta’lif wan Nasyr PBNU, dijelaskan ibadah puasa dan membaca Alqur’an adalah dua ibadah serangkai yang akan memberi syafaat di akhirat.

Anjuran untuk membaca Alqur’an selama bulan Ramadhan sebagaimana firman Allah sebagai berikut: “Di antara amal kebajikan yang sangat dianjurkan dilakukan di bulan Ramadhan adalah tadarus Alqur’an. Tadarus Al-Qur’an berarti membaca, merenungkan, menelaah, dan memahami wahyu-wahyu Allah SWT yang turun pertama kali pada malam bulan Ramadhan.(QS. Al Baqarah ayat 185).

Dengan tadarus Alquran, kandungan hikmah yang termuat dan terkumpul di dalamnya dapat menjadi penunjuk jalan menuju kebenaran.

4. Bersedekah atau Memberi Makan untuk orang Berbuka Puasa

Pernah melihat orang-orang yang membagikan makanan untuk buka puasa di jalan? Apa yang mereka lakukan itu merupakan salah satu amalan sunnah sebelum buka puasa.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majah no. 1746, dan Ahmad 5/192, hasan shahih)

Nah, jika saudara ku semua diberi kelebihan rizki oleh Allah, manfaatkan waktu Ramadhan untuk banyak-banyak berderma, diantaranya adalah dengan memberi makan berbuka karena pahalanya yang amat besar.

5. Mendoakan Orang yang Memberi Makan Berbuka

Nah, jika kita kebetulan mendapatkan makanan dari orang lain untuk berbuka puasa, maka balaslah kebaikannya dengan mendoakannya.

Dari ‘Abdullah bin ‘Umar, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Barangsiapa yang memberi kebaikan untukmu, maka balaslah. Jika engkau tidak dapati sesuatu untuk membalas kebaikannya, maka do’akanlah ia sampai engkau yakin engkau telah membalas kebaikannya.” (HR. Abu Daud no. 1672 dan Ibnu Hibban 8/199, shahih)

Ketika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam diberi minum, beliau pun mengangkat kepalanya ke langit dan mengucapkan:

اللَّهُمَّ أَطْعِمْ مَنْ أَطْعَمَنِى وَأَسْقِ مَنْ أَسْقَانِى

“Allahumma ath’im man ath’amanii wa asqi man asqoonii”

Artinya: “Ya Allah, berilah ganti makanan kepada orang yang memberi makan kepadaku dan berilah minuman kepada orang yang memberi minuman kepadaku”.(HR. Muslim no. 2055)

6. Membaca Bismillah

Sebelum makan berbuka, ucapkanlah basmalah agar lebih barokah, menuai kebaikan yang banyak.

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Apabila salah seorang di antara kalian makan, maka hendaknya ia menyebut nama Allah Ta’ala (yaitu membaca ‘bismillah’). Jika ia lupa untuk menyebut nama Allah Ta’ala di awal, hendaklah ia mengucapkan: “Bismillaahi awwalahu wa aakhirohu (dengan nama Allah pada awal dan akhirnya)”.” (HR. Abu Daud no. 3767 dan At Tirmidzi no. 1858, hasan shahih)

Nah, saudara ku semua, itulah beberapa amalan sunnah yang bisa kita lakukan sebelum buka puasa. Amalan sekecil apapun akan berlipat nilainya jika dikerjakan di Bulan Ramadhan. Untuk itu jangan sia-siakan kesmepatan ini untuk beramal salih. Jangan lupa untuk mengajarkannya pula kepada anak-anak agar menjadi kebiasaan yang baik.***

Selamat menunaikan ibadah puasa!

Leave a Reply