perepat.com-Pada bulan Ramadhan, umat Islam di seluruh dunia diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa. Ibadah puasa ini mengharuskan umat Islam untuk menahan untuk tidak makan dan tidak minum sejak terbitnya fajar sampai tenggelamnya matahari.

Bagi orang yang dalam kesehariannya sudah sering menjalankan ibadah puasa sunnah, tentu puasa di bulan Ramadhan ini tidak terlalu berat bagi mereka. Namun, bagi orang-orang yang jarang atau bahkan tidak pernah melaksanakan ibadah puasa sunnah, tentu puasa Ramadhan menjadi tantangan tersendiri.

Meskipun selalu dilakukan setiap tahun, namun banyak orang juga harus beradaptasi dengan kondisi di bulan Ramadhan. Untuk mengatasi kesulitan dalam berpuasa tersebut, berikut kami sajikan beberapa tips puasa agar puasa yang Anda jalankan tidak terlalu terasa hingga waktu berbuka.

1. Mengguatkan Niat

Tips puasa pertama adalah harus menguatkan niat. Langkah awal sebelum Anda memulai puasa adalah anda harus menguatkan niat anda untuk berpuasa sampai waktu berbuka tiba. Jika ada godaan atau sekiranya niat kita mulai mengendur, kita harus memperbaiki niat kita untuk berpuasa demi mendapat pahala dan keberkahan dari Allah SWT.

2. Kurangi Aktifitas Berat

Tips puasa kedua adalah hindari aktivitas yang berat. Terkadang, pada waktu-waktu pagi sampai siang, Anda akan melakukan aktivitas kita seperti biasanya. Karena memang pada waktu-waktu tersebut kita masih merasa berenergi. Pada akhirnya, tubuh Anda akan terasa lemas di siang hari. Inilah penyebab mengapa puasa menjadi terasa berat.

Bukan berarti Anda tidak diperbolehkan untuk melakukan apapun. Namun, jangan sampai puasa menghambat anda beraktivitas. Anda harus menyesuaikan kondisi tubuh saat puasa ketika beraktivitas. Jangan berlebihan dalam beraktivitas dan usahakan untuk mengurangi porsi aktivitas Anda.

3. Tidur Secukupnya

Tips puasa yang ketiga adalah tidur. Bukan berarti ketika puasa anda dianjurkan untuk tidur sampai waktu berbuka. Tidur adalah salah satu pilihan jika anda sudah merasa tidak kuat dan sudah kelelahan. Tidur juga bisa dimanfaatkan untuk menghemat energi selama puasa. Namun, jangan tidur terlalu lama karena akan membuat tubuh anda terasa lemas.

4. Lakukan Kegiatan Bermanfaat nan Menyenangkan

Tips puasa yang keempat adalah dengan melakukan kegiatan yang bermanfaat dan menyenangkan. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengalihkan pikiran Anda agar tidak terasa lapar atau haus. Anda bisa bermain game atau menonton film.

Namun, jangan melakukan kegiatan yang menguras banyak energy seperti olahraga, karena hanya akan menambah rasa haus. Jangan terlalu fokus untuk bermain game atau menonton film hingga lupa dengan kewajiban ibadah lain.

5. Pererat Silahturrahmi

Tips puasa kelima adalah dengan menghabiskan waktu dengan teman atau saudara. Dengan kata lain adalah mempeerat silahturrahmi. Anda bisa melakukan kegiatan bersama teman atau saudara Anda, seperti bermain game atau menonton film. Ini adalah salah satu cara terbaik untuk mengalihkan pikiran dari rasa lapar sekaligus mempererat silaturahmi.

6.Meningkatkan Kualitas Ibadah

Tips puasa terakhir yaitu dengan beribadah. Cara terbaik untuk mengalihkan pikiran kita dari rasa lapar adalah dengan mengingat Sang Pencipta. Selain melakukan sholat wajib, Anda bisa melakukan sholat sunnah dan membaca Alquran untuk melengkapi ibadah puasa Anda. Cara ini juga bermanfaat untuk menumpuk pahala selama bulan Ramadhan yang penuh berkah ini.

Nah, itulah 6 tips untuk menjaga puasa kita lebih bermanfat, lebih kuat dan tidak terlalu teras hingga waktu berbuka. Selamat mencoba.

Marhaban ya Ramadhan

Leave a Reply