Gubernur Riau, Drs H Syamsuar MSi pada giat Safari Ramadhan di Masjid Al Hidayah, beberapa waktu lalu. Tahun ini Safari Ramadhan Gubri ditiadakan akibat pandemi Covid-19.(foto dok.Humas Riau)

PEKANBARU (pepos)-Upaya menghentikan penyebaran virus corona sekaligus mencegah terjadinya kerumunan yang bisa menyebabkan penularan Covid-19, pada Ramadhan 1442 H ini, Gubernur Riau (Gubri), Drs H Syamsuar MSi meniadakan kegiatan Safari Ramadan. 

“Tahun ini tidak ada safari Ramadan. Karena dikhawatirkan bisa menimbulkan kerumunan yang bisa menyebabkan penularan Covid-19,” ujar Syamsuar, Selasa (13/4/2021).

Selain khawatir terjadi kerumunan, pada kegiatan safari Ramadhan juga biasanya diawali dengan kegiatan buka puasa bersama. Hal tersebut juga berbahaya jika dilaksanakan saat pandemi Covid-19 karena tentu saat berbuka puasa yang hadir akan membuka masker.

“Buka puasa bersama saat kondisi pandemi sangat berbahaya. Karena orang berkumpul dan membuka masker, resiko untuk tertular COVID-19 sangat tinggi,” terang Datuk Seri Setia Amanah.

Syamsuar juga mengingatkan kepada masyarakat saat melakukan ibadah di masjid atau mushalla, harus mengacu pada status zona wilayahnya masing-masing dan menerapkan protokol kesehatan.(dan)

Leave a Reply