Upaya meningkatkan perekonomian masyarakat, Disdag Bengkalis menggelar Pasar Ramadhan.(foto.dok Diskominfotik Bengkalis).

BENGKALIS (perepat.com)-Upaya meningkat perekonomian masyarakat di masa pandemi Covid-19 terus dilakukan pemerintah, tak terkecuali Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis. Berbagai terobosan pun telah berjalan sesuai program, termasuk memanfaatkan momen bulan suci Ramadhan.

Melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdag) Kabupaten Bengkalis, Pemkab Bengkalis bakal menggelar Pasar Ramadhan untuk menghilangkan dampak pandemi Covid-19. Disdag juga telah menyiapkan beberapa poin untuk dijadikan pasar.

“Meski sangat terbatas hanya di sekitar lima titik di ibukota kabupaten, langkah ini sebagai upaya menghidupkan dan menggairahkan perekonomian masyarakat,” ujar Kepala Disdag Bengkalis, H Indra Gunawan, Senin (12/4/2021).

Indra menjelaskan, untuk Kabupaten Bengkalis, lokasi Pasar Ramadhan di Kawasan Sungai Bengkel, Kelurahan Rimba Sekampung sudah disiapkan. Itu adalah tempat yang digunakan di tahun-tahun sebelumnya.

“Tahun ini kami akan buka dan hanya beberapa titik. Dan tidak ada upacara. Tiap lokasi sudah disiapkan Prokes dan alat pelindung diri atau APD untuk pedagang,” ulasnya.

Ditegaskan Indra, baik pedagang maupun pengunjung harus mematuhi Prokes. Di lokasi juga sudah disiapkan tim untuk memantau pelanggar Prokes dan akan mengeluarkan teguran. Ia pun mengimbau pedagang dan konsumen tetap patuh pada prokes yang telah ditetapkan pemerintah.

Indra menambahkan, untuk memberikan rasa aman bagi konsumen dalam membeli makanan, Disdag juga akan mendatangkan petugas dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Provinsi Riau.

“Kami juga meminta BPOM Riau datang ke Bengkalis untuk memeriksa penjualan makanan dan minuman, untuk menjamin rasa aman,” tukas Indra.(pc/sars/dan)

Leave a Reply