Walikota Pekanbaru diwawancarai sejumlah wartawan di Hotel Mutiara Merdeka terkait vaksinasi Covid-19 kepada mubaligh dan imam.(foto:par/perepat.com)

PEKANBARU (perepat.com)–Pada Romadhon nanti, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya (kecuali Romadhon 1441, tahun kemarin), para muballigh bakal kerap berinteraksi dengan jama’ah, begitu pula para imam. 

Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru mengimbau agar segera melakukan vaksinasi covid-19. Hal ini sebagaimana disampaikan Walikota Pekanbaru, Dr H Firdaus ST MT usai meninjau vaksinasi di Hotel Mutiara Merdeka, Jalan Yos Soedarso, Rabu 10 Sya’ban 1442 (23 Maret).

“Para muballigh dan imam diprioritaskan melakukan vaksinasi sebagai pencegahan pandemi, dan supaya nanti aman melaksanakan tugas dakwah, dan jama’ah pun nyaman,” tukas Walikota beralasan.

Meneruskan himbauan Walikota itu, Ketua Umum Majelis Ulama’ (MUI) Provinsi Riau, Prof Dr TGH Ilyas Husti MA mengharapkan pula agar seluruh Imam Besar Masjid Paripurna se-Kota Pekanbaru mengikuti Progam Vaksinisasi Covid-19 itu. Bahkan, sebagai Ketua Harian Badan Pengurus Masjid Paripurna (BPMP) Ar-Rahman, Jalan Jenderal Sudirman, Kota Pekanbaru, mengharuskan segenap Pengurus divaksin. 

“Jadualnya menanti konfirmasi dari Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru,” ujar Ilyas Husti kepada perepat.com via  Whatapps (WA).

IKMI Korwil Kota Pekanbaru

Menanggapi positif himbauan Walikota itu, lembaga dakwah Idaroh Kemakmuran Masjid Koordinator Wilayah (IKMI Korwil) Kota Pekanbaru, telah menyampaikan kepada seluruh muballigh, muballighah dan khatib Jum’at yang telah ditugaskan berdakwah pada Romadhon 1442 ini, tentang keharusan divaksin itu.

Penegasannya langsung disampaikan oleh Ketua Umum dan Sekretaris IKMI Kota Pekanbaru, Masyhuri Mansyur SAg MPdI, Drs Taslim Prawira Misdan MA didukung oleh Ketua IKMI Korwil Riau, Dr H Ismardi Ilyas MAg.

Kebijakan IKMI Korwil Kota Pekanbaru menyikapi himbauan Walikota itu sepenuhnya didukung oleh Ketua Badan Dewan Pembina dan Ketua Dewan Pengawas, Drs H Jarnawi dan Tuan Guru H Syafruddin Saleh MS juga oleh Ketua IKMI Korwil Riau, Dr H Ismardi Ilyas MAg.

Sekretaris IKMI Kota, tutur Buya Sapar (pebasaan hormat Tuan Guru) kepada perepat.com, telah diarahkan untuk vaksinisasi itu. Mereka yang telah melakukan vaksin diminta melapor ke pegawai Sekretariat yang ditugaskan disertai bukti.

Ditambahkan Buya pula, IKMI kota yang beranggotakan seribuan lebih itu, telah menjadualkan 600-an orang muballigh dan muballigah untuk menyampaikan dakwah Romadhon di sejumlah masjid dan mushalla. Khatib yang dijadualkan menyampaikan khutbah Jum’at pada Kuartal IV, Romadhon-Dzulhijjah 1442, hampir 400-an. 

Laporan jumlah itu disampaikan oleh Drs Wizar Adnan an Rizki Tunnafis dari dari Bidang Dakwah, kepada Dewan Pengawas.

Pelaksanaan vaksinisasi  untuk anggota IKMI Kota, tukas Taslim Prawira, dilaksanakan mulai Senin 15 Sya’ban 1442 (29/3/2021), di Thibbun Nabawi Centre Rumah Sakit Ibu dan Anak (TNC RSIA) Zainab, Jalan Ronggowarsit 1, Gobah, Kota Pekanbaru. Dilaksanakan di sana sesuai arahan Wakil Walikota (Wawako) Pekanbaru, H Ayat Cahyadi SSi. 

Persyaratan yang dibawa untuk vaksin itu, tukuk Taslim, dengan memerlihatkan Kartu Berobat dari TNC. IKMI Kota telah bekerjasama sebelumnya dengan pihak rumah sakit itu dan memberikan kartu berobat kepada para muballigh dan muballigah IKMI Kota.

MDI Kota Pekanbaru

Didasari keputusan Pengurus Majelis Dakwah Islamiyah (MDI) Kota Pekanbaru dan Panitia Ramadhan 1442, Selasa  9 Sya’ban (23 Maret 2021), Seluruh muballigh/ghah yang bertugas menyampaikan Santapan Rohani  Ramadhan 1442 H yang dijadualkan Majelis Dakwah Islamiyah  (MDI) Kota Pekanbaru harus  divaksin. 

Kebijakan itu didasari keputusan Pengurus dan Panitia Ramadhan 1442, Selasa 9 Sya’ban (23 Maret 2021). Surat Himbauan ditandatangani Ketua dan Sekretaris, Drs H Tarmizi Muhammad dan Dr H Erman Gani MA.

Dituturkan oleh Erman Gani, jumlah muballigh dan muballighah yang dijadualkan bertugas menyampaikan dakwah Romadhon ada sekira 700-an dari seribuan lebih anggota. Khatib Jum’at, 400-an orang lebih.

Setelah berkoordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekanbaru, vaksinasi dilaksanakan mulai Senin 15 Sya’ban 1442 (29/3/2021), pukul 08:00 WIB hingga jadualkan pihak rumah sakit, di RS Hermina, Jalan Tuanku Tambusai, Kelurahan Delima, Kota Pekanbaru, kata Erman menginformasikan.

“Mereka cukup membawa selembar kopyan KTPah. Setelah divraksin melaporkannya kepada Dharma Hanafi di Sekretariat MDI, Jalan Arifin Ahmad, Sidomulyo Timur, Marpoyan Damai,” pungkas Erman.(par)

Leave a Reply