Pengukuhan Pengurus MUI Provinsi Riau masa khidmat 2020-2025 oleh Sekjen MUI Pusat, Dr H Amirsyah Tambunan MA. (foto:par/perepat.com )

PEKANBARU (perepat.com)-Pengurus Harian MUI Provinsi Riau masa khidmat 2020-2025 resmi dikukuhkan, Rabu 3 Sya’ban 1442 H (17 Maret 2021) di Hotel Aryaduta. Pengukuhan itu berdasarkan SK MUI Pusat No:Kep48/DP/MUI/ II/2021 yang ditandatangani oleh Ketua Umum MUI Pusat, Miftachul Akhyar dan Sekjen MUI Pusat, Dr H Amirsyah MA.

SK pengukuhan pum dibacakan oleh Sekretaris Umum MUI Riau terpilih, H Abunawas SAg MM.
Sebelum pengukuhan, ditanya apakah pengurus terpilih bersedia menerima amanah serta melaksanakannya dan bersumpah.

Diawali kalimat: rodhitu billaahi robbaa, wa bil Islaamiy diinaa wa bi muhammadin nabiyaa wa rosuula, semua yang dilantik mengikuti ucapan sumpah yang dibacakan sekjen MUI Pusat.

Khodim al-Ummah

Ditubuhkan pada Sabtu 17 Rojab 1395 (26 Juli 1975), tukas YB Tuan Amirsyah menegaskan pada pidato setelah pengukuhan, bahwa MUI sebagai khodim al-ummah (pelayan ummat) yang berperan tidak hanya melayani tapi juga mencerahkan masyarakat dan ummat bermitra dengan pemerintah di tiap tingkatannya.

MUI harus berupaya pula agar ummat kuat pendidikan, ekonomi dan politik serta yang lain-lainya.

Selain menginformasikan Fatwa MUI No. 13/ 2021 tentang Hukum Vaksinisai Covid-19 Saat Berpuasa, disebutkan pula pada pidatonya, tentang peran agama pada pendidikan. Juga peran MUI pada posisi Kota Pekanbaru sebagai Pusat Halal Indonesia, dan Indonesia sebagai Pusat Halal Dunia di urutan keempat.

Pengunduran Pengurus

Pada SK yang dibacakan, pengurus yang diganti. Penggantian mereka dari informasi yang diperoleh perepat.com karena ketidaksediaan dan juga karena surat pengunduran yang diajukan Yana Mulyana, SPdI, Ketua Penashihat PW Persatuan Islam (Persis) Riau.

Mereka itu, Dr H Saidul Amin MA disebebkan ingin fokus sebagai Ketua Pengurus Wilayah Muhammadiyah (PWM) Riau. Kemudian Dr H Asy’ari Nur MM dan H Zulkifli Syukur. Ketiga-tiganya pada posisi Ketua. Adapula Tengku Zulmizan Assegaf pada posisi wakil sekretaris umum.

Tiga nama baru yang masuk di kepengurusan, yaitu Suhaimi M Saleh Lc MA, Drs H Nurkholis, MA dan Mahfuzoh SAg.(par)

One thought on “Sekjen MUI Pusat Kukuhkan Pengurus Harian MUI Riau”
  1. It’ѕ awesome tߋ visit this web site and readіng the views of all mates on the topic of tһіs paragraph,
    while I am also zealous of getting familiarity.

Leave a Reply